Komentar Pelatih Persib Bandung soal Liga 1 2020 yang Bergulir di Masa Pandemi

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2020 13:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 15 49 2246679 komentar-pelatih-persib-bandung-soal-liga-1-2020-yang-bergulir-di-masa-pandemi-XaBEJkXpB8.jpg Robert Alberts. (Foto/Persib Bandung)

BANDUNG – Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, mengomentari Liga 1 2020 yang kembali bergulir usai terhenti sejak pertengahan Maret. Kompetisi dihentikan sementara demi menghentikan penyebaran virus corona.

Namun, Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) resmi melanjutkan kompetisi pada 1 Oktober mendatang. PT Liga Indonesia Baru (LIB), selaku operator Liga 1 menyatakan kompetisi akan berlansung hingga 28 Februari 2021.

Baca juga: Winger Persib Febri Hariyadi Tampil Keren dengan Motor Seharga Rp1,16 Miliar

Baca juga: Hasil Swab Test Gelombang Kedua Pemain Persib Negatif Covid-19

Foto/Persib Bandung

Meski kembali dilanjutkan, format Liga 1 2020 akan mengalami perubahan. PT LIB akan melangsungkan semua laga di pulau Jawa. Semua pertandingan harus menerapkan protokol kesehatan serta tidak dihadiri penonton.

Robert menilai situasi dan kelanjutan Liga 1 di berbeda dibandingkan kompetisi di negara lain. Ia menilai perjalanan kompetisi yang masih panjang menjadi tantangan tersendiri baginya untuk membawa Persib juara liga.

"Tentu hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Seperti yang sudah saya katakan dalam pertemuan, banyak liga di dunia mereka memulai lagi (kompetisi) untuk menuju perebutan juara. Indonesia, seperti kita ketahui baru saja memulai kompetisi sebelum liga dihentikan sementara. Jadi tentunya ada perbedaan motivasi dan cara untuk membangun timnya (kembali)," ujar Robert.

Sebelum Liga 1 dihentikan, Persib baru memainkan tiga pertandingan dari 34 laga yang dijadwalkan. Tim berjuluk Maung Bandung tersebut meraih poin sempurna dari tiga terakhir mereka.

Persib dalam laga awal Liga 1 2020, menaklukkan tamunya Persela Lamongan dengan skor 3-0. Kemudian dalam lawatan ke Malang, Persib kembali menang atas Arema FC dengan skor 2-1. Tren positif tim Pangeran Biru berlanjut ketika mereka menghadapi PSS Sleman di kandang dengan skor 2-1.

Meski mendapat hasil yang bagus di awal kompetisi, Robert menilai jalan timnya masih panjang. Ia membandingkan dengan Liga Inggris dan Jerman yang hanya memainkan beberapa laga sebelum mengakhiri musim 2019-2020.

Foto/Persib Bandung

"Contohnya di Liga Inggris, Liverpool, Bayern Munich di Liga Jerman dan lain-lain, mereka memulai kompetisi setelah jeda untuk langsung menatap gelar juara atau jelang kompetisi usai. Tentu itu berbeda situasi dengan Indonesia," lanjutnya.

"Liga (Indonesia) baru saja memainkan tiga pertandingan dan ada perjalanan panjang di depan. Kami sudah memainkan tiga pertandingan dengan start yang baik. Tapi, saat ini kita berbicara tentang motivasi tim untuk memulai lagi kompetisi setelah jeda yang panjang," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini