Masa Depan Gawang Timnas Italia Ada di Tangan Donnarumma dan Meret

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 08 Juli 2020 22:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 08 47 2243396 masa-depan-gawang-timnas-italia-ada-di-tangan-donnarumma-dan-meret-4CK6YoUYkK.jpg Gianluigi Donnarumma (Foto: Reuters)

TURIN – Dari masa ke masa Timnas Italia tak pernah kehilangan sosok penjaga gawang hebat. Sebut saja nama-nama besar seperti Dino Zoff, Angelo Peruzzi, hingga Gianluigi Buffon yang telah diakui dunia sebagai penjaga gawang hebat pada masanya masing-masing.

Buffon sendiri telah memutuskan pensiun dari Timnas Italia pada 2018. Akan tetapi, bukan berarti Italia bakal kehilangan sosok hebat yang menjaga gawang mereka. Sebab, saat ini terdapat sejumlah penjaga gawang muda Italia yang mampu tampil menjanjikan.

Agen dari Buffon, Silvino Martina, menilai Gianluigi Donnarumma milik AC Milan dan Alex Meret dari Napoli akan menjadi penjaga gawang Timnas Italia yang hebat di masa depan. Sebab, keduanya mampu menampilkan usia gemilang di usianya yang masih muda seperti sekarang. Donnarumma 21 tahun dan Meret (23).

Baca juga: Ibrahimovic Ingin Nikmati Sebulan Terakhir Bersama AC Milan

Alex Meret

Selepas Buffon pensiun, sebenarnya tak ada yang ditunjuk spesifik menjadi penjaga gawang utama Timnas Italia. Pelatih Roberto Mancini nampak memberi kesempatan bagi semua orang untuk bersaing memperebutkan posisi di starting XI.

Kendati demikian, sejauh ini Donnarumma yang lebih sering diturunkan sebagai starter. Tentunya bukan tanpa alasan Mancini menunjuk Donnarumma. Meski masih berusia 21 tahun, namun Donnarumma telah memiliki banyak pengalaman.

Donnarumma menjalani debutnya di tim utama Milan saat ia masih berusia 16 tahun. Sejak saat itu, Donnarumma pun selalu menjadi andalan Rossoneri di bawah mistar. Ia menjadi semakin matang setiap musimnya. Di musim ini misalnya, Donnarumma menjadi penjaga gawang yang paling banyak mencatatkan clean sheet di ajang Liga Italia.

Selain kedua nama tersebut, Mattia Perin juga dianggap salah satu penjaga gawang hebat Italia sekarang. Sayangnya, Perin cukup sering mendapat cedera yang membuat kariernya tersendat. Meski begitu, Martina tetap memuji kualitas yang dimiliki Perin.

"Meret dan Perin adalah dua penjaga gawang yang hebat. Saya pernah berbicara dengan Gigi (Buffon) tentang Meret dan dia mengatakan kepada saya (Meret) bisa menjadi salah satu kiper terbaik di Italia. Kita juga tidak boleh melupakan Gigio Donnarumma,” ujar Martina, mengutip dari Football Italia, Rabu (8/7/2020).

“Dia (Donnarumma) seorang juara secara fisik, dia luar biasa. Waktu akan memberi tahu (tentang mereka). Donnarumma dan Meret akan menjadi penjaga gawang Italia di masa depan. Saya pikir mereka adalah dua pemain paling menjanjikan di sepakbola Italia saat ini,” lanjutnya.

“Sementara itu, Perin adalah sepasang tangan yang aman. Sekolah kiper Italia selalu menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Saya melihat Meret saat masih di Udinese Primavera beberapa waktu yang lalu dan saya terkesan dengan bagaimana dia menjaga gawang,” pungkas Martina.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini