5 Pembelian Terbaik Mourinho 10 Tahun Terakhir, Tak Ada Nama Pogba

Ezha Herdanu, Jurnalis · Senin 06 Juli 2020 20:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 06 51 2242125 5-pembelian-terbaik-mourinho-10-tahun-terakhir-tak-ada-nama-pogba-HX0tsCcRg5.jpg Jose Mourinho (Foto: Reuters)

SEBAGAI salah satu pelatih terbaik di dunia, Jose Mourinho memang dikenal sebagai sosok yang sangat cermat dalam mendatangkan pemain untuk memperkuat skuad asuhannya. Meski ada juga beberapa keputusan Mourinho yang berujung tanpa hasil.

Salah satunya adalah keputusan Mourinho memboyong kembali Paul Pogba ke Manchester United. Bahkan banyak pengamat yang menilai bahwa keputusan Mourinho membawa pulang Pogba ke Man United, sebagai keputusan transfer terburuk yang pernah dilakukan pelatih asal Portugal tersebut.

Akan tetapi ada juga beberapa nama yang berhasil disulap Mourinho menjadi pemain besar bersama klub asuhannya. Berikut lima pembelian terbaik yang pernah dilakukan Mourinho dalam 10 tahun terakhir:

5. Angen Di Maria (Argentina)

Angel Di Maria

Ketika masih membesut Real Madrid, Mourinho memutuskan untuk mendatangkan Di Maria dari Benfica dengan mahar sebesar 33 juta euro atau sekira Rp541 miliar pada musim panas 2010. Di bawah arahan Mourinho, Di Maria menjadi salah satu pemain sayap terbaik di dunia.

Ya, pemain berkebangsaan Argentina tersebut berhasil menyarangkan 25 gol serta menyumbangkan 60 assist untuk Los Blancos –julukan Madrid. Di Maria juga berperan besar di balik keberhasilan Madrid menjuarai La Liga Spanyol 2011-2012 dan Copa del Rey 2010-2011.

Akan tetapi perjalanan karier Di Maria bersama Madrid hanya seumur jagung. Pasalnya, Di Maria memutuskan hengkang dari Estadio Santiago Bernabeu pada musim panas 2014 untuk bergabung dengan Manchester United.

4. Willian Borges (Brasil)

Willian Borges

Proses transfer Willian ke Chelsea memang sarat akan kontroversial. Pasalnya, Chelsea berhasil menelikung transfer Willian di ujung kepindahan sang pemain menuju Tottenham Hotspur. Bahkan Willian sudah sempat tes medis dengan pihak Tottenham.

Keputusan Mourinho mendorong manajemen Chelsea untuk menelikung transfer Willian nyatanya sangat tepat. Willian pun berhasil menjadi andalan di sisi kanan lini depan The Blues –julukan Chelsea– dalam beberapa musim terakhir.

Willian juga memiliki peran penting di balilk keberhasilan Chelsea menjuarai Liga Inggris sebanyak dua kali atau tepatnya pada musim 2014-2015 dan 2016-2017. Selain itu, Willian juga mampu membawa Chelsea menjuarai Liga Eropa pada musim lalu.

3. Cesc Fabregas (Spanyol)

Cesc Fabregas

Tidak ada satupun yang menyangka bahwa seorang Mourinho mampu meyakinkan Fabregas untuk bergabung dengan Chelsea pada musim panas 2014. Terlebih status Fabregas sebagai mantan kapten Arsenal yang notabene rival Chelsea di Liga Inggris.

Akan tetapi di balik transfer kontroversial Fabregas menuju klub asal London Barat tersebut, ia memang mampu menunjukkan performa impresif. Bahkan, Fabregas berhasil mencatatkan 23 assist dari 43 penampilan debutnya bersama Chelsea asuhan Mourinho.

Selain itu, Fabregas juga memiliki peran krusial di balik keberhasilan Chelsea meraih double winners dengan menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga Inggris musim 2014-2015. Fabregas sendiri kini tengah memperkuat peserta Liga Prancis, AS Monaco.

2. Mesut Ozil (Jerman)

Mesut Ozil

Keputusan Mourinho mendatangkan Mesut Ozil ke Real Madrid pada musim panas 2010 memang bisa dibilang sebagai keputusan berani. Terlebih keputusan Mourinho membeli Ozil hanya didasari penampilan impresif sang pemain bersama tim nasional (Timnas) Jerman di Piala Dunia 2010 Afrika Selatan.

Akan tetapi seperti dengan keputusan Mourinho mendatangkan Angel Di Maria, Ozil pun berhasil membuat publik Estadio Santiago Bernabeu terkesima. Kemampuan jeli Ozil dalam memberikan umpan sangat membantu Cristiano Ronaldo untuk menunjukkan ketajamannya bersama Madrid.

Ozil pun menjadi salah satu tulang punggung di balik keberhasilan Los Merengues –julukan Madrid– meraih gelar juara La Liga Spanyol 2011-2012, dan Copa del Rey 2010-2011. Namun kebersamaan Ozil dan Madrid hanya bertahan selama tiga musim, lantaran sang pemain memilih hengkang ke Arsenal pada musim panas 2013.

1. Diego Costa (Spanyol)

Diego Costa

Mourinho berhasil merekrut Diego Costa dari Atletico Madrid di musim panas 2014. Mourinho mampu meyakinkan manajemen Chelsea untuk menggelontorkan dana sebesar 35 juta euro atau sekira Rp574 miliar untuk merealisasikan transfer tersebut.

Keputusan Mourinho memboyong Costa pun terbilang sangat tepat. Pasalnya, eks ujung tombak tim nasional (Timnas) Spanyol tersebut berhasil menjadi mesin gol baru untuk Chelsea sepeninggal Didier Drogba.

Costa juga berperan penting di balik keberhasilan Chelsea meraih double winners dengan menjuarai Liga Inggris dan Piala Liga Inggris musim 2014-2015. Namun dengan segala kontroversinya, membuat perjalanan karier Costa di Chelsea hanya bertahan tiga musim saja. Kini Costa pun memutuskan kembali memperkuat Atletico sejak musim panas 2017.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini