Lawan Rasisme, Liga Inggris Wacanakan Aksi Berlutut Sebelum Pertandingan

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 10 Juni 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 10 45 2227807 lawan-rasisme-liga-inggris-wacanakan-aksi-berlutut-sebelum-pertandingan-otw3ZfSHp6.jpg Skuad Liverpool berlutut saat latihan bentuk dukungan gerakan Black Lives Matter. (Foto/Liverpool FC)

LONDON - Klub-klub perserta Liga Inggris sedang melakukan diskusi mengenai aturan yang mewajibkan para pemain untuk berlutut. Aksi itu dilakukan sebagai bentuk solidaritas Black Lives Matter dan menghormati kematian George Floyd, seorang pria kulit hitam yang tewas usai dicekik di bagian lehernya oleh seorang polisi kulit putih di Minneapolis, AS.

Kematian Floyd memicu gerakan demonstrasi di seluruh dunia yang menentang rasisme, di mana slogan Black Live Matter, menjadi simbol perlawanan. Aksi ini juga menular ke Inggris, termasuk klub Liga Inggris.

Baca juga: Legenda Chelsea Bikin Ketakutan Sir Alex Ferguson

Mengutip Evening Standart, Rabu (10/6/2020) pembicaraan aksi berlutut sebelum pertandingan sedang berlangsung antara Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) dan klub peserta Liga Inggris. Chelsea sudah melakukannya lebih dulu. Para pemain dan ofisial berlutut menunjukkan dukungan terhadap gerakan anti-rasisme saat latihan.

Di Liga Jerman, yang telah kembali mulai sejak 16 Mei 2020, tim dan para ofisial memulai pertandingan dengan berlutut. Ketua organisasi anti-diskriminasi Kick It Out, Sanjay Bhandari, juga telah mendesak Liga Inggris mengikuti langkah mereka demi melawan rasisme yang juga sering terjadi dalam dunia sepakbola.

Bhandari meminta para pemain Liga Inggris untuk berlutut saat merayakan gol. Sedangkan FA telah berjanji tidak akan memberikan sanksi kepada pemain yang melakukan aksi berlutut demi memprotes rasisme.

Selain membahas aksi berlutut, klub-klub peserta Liga Inggris dan FA juga membahas bantuan kepada para korban yang terdampak virus corona. Selain itu, Liga Inggris juga akan memulai pertandingan dengan mengheningkan cipta selama satu menit.

Klub Liga Inggris juga sepakat untuk mengenakan lencana berbentuk hati di jersey mereka. Hal itu dilakukan sebagai bentuk rasa terima kasih klub kepada petugas medis, yang merupakan garis depan dalam perang melawan pandemi virus corona, yang telah menyebakan kematian 40.883 di Britania Raya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini