Liverpool Sukses karena Ikuti Resep Ferguson dan Mourinho

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 01 Juni 2020 19:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 06 01 45 2222933 liverpool-sukses-karena-ikuti-resep-ferguson-dan-mourinho-kKZMxKsYsj.jpg Pemain Liverpool selebrasi (Foto: Media Liverpool)

LIVERPOOL – Setelah berhasil menjuarai Liga Champions 2018-2019, keran trofi Liverpool terbuka, di mana mereka mampu menyabet trofi Piala Super Eropa dan Piala Dunia Klub. Menurut legenda Liverpool, John Barnes, kesuksesan yang diperoleh The Reds sekarang bisa terjadi karena mereka mengikuti resep Sir Alex Ferguson dan Jose Mourinho.

Barnes menerangkan bahwa terdapat dua hal penting untuk menciptakan tim yang hebat. Pertama adalah memberikan waktu kepada manajer untuk mengembangkan timnya. Sedangkan yang kedua adalah bantuan finansial dari dewan untuk merekrut pemain.

Baca juga: Salah dan Mane Sangat Mungkin untuk Meninggalkan Liverpool

Alisson Becker dan Van Dijk jadi rekrutan mewah Liverpool

Perlu diketahui, Ferguson membutuhkan waktu selama empat tahun sebelum pada akhirnya membuat Man United meraih gelar juara di bawah arahannya. Hal yang sama pun berlaku untuk Jurgen Klopp. Selain iu, Klopp juga diservis dengan pembelian-pembelian hebat seperti Virgil van Dijk, Mohamed Salah, hingga Alisson Becker.

“Ini selalu menjadi resep untuk sukses. Sir Alex Ferguson diberi waktu oleh Manchester United, ia mendapat dukungan penuh dan kepercayaan dari dewan. Itulah sebabnya ia mampu membangun tim yang hebat,” terang Barnes, mengutip dari Goal, Senin (1/6/2020).

“Chelsea melakukan hal yang sama dengan Jose Mourinho dalam mantra pertamanya dan sangat dihargai dengan trofi. Klub akan berhasil jika mereka memberi manajer mereka sumber daya yang tepat dan waktu yang cukup untuk membangun tim,” lanjutnya.

“Yang paling penting adalah para pemain harus tahu bahwa manajer adalah orang yang bertanggung jawab. Kekuatan pemain sekarang menjadi masalah besar di seluruh dunia, di mana pemain dipandang lebih penting daripada manajer,” pungkas Barnes.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini