Mantan Pemain PSG Nilai Ronaldinho Lebih Hebat ketimbang Messi

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 06 Mei 2020 08:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 05 06 51 2209852 mantan-pemain-psg-nilai-ronaldinho-lebih-hebat-ketimbang-messi-FXgiyESugr.jpg Ronaldinho dan Messi saat membela Barcelona. (Foto: AFP/Lluis Gene)

RIO CUARTO – Mantan pemain Paris Saint-Germain (PSG), Martin Cardetti, tidak setuju jika Lionel Messi (Barcelona) disebut sebagai pemain terbaik yang pernah beredar di persepakbolaan profesional. Dalam pandangan Cardetti, ada sejumlah pesepakbola yang lebih hebat ketimbang Messi, salah satunya Ronaldinho Gaucho.

Cardetti paham betul kualitas olah bola Ronaldinho. Keduanya sempat semusim (2002-2003) membela Paris Saint-Germain (PSG). Berhubung satu tim dengan Ronaldinho, Cardetti memiliki kesempatan menyaksikan betapa hebatnya pemain asal Brasil saat mengolah bola.

BACA JUGA: Howard Webb Ungkap Kesalahan Terbesar sebagai Wasit

Ronaldinho Gaucho

(Ronaldinho dan Messi saat membela Barcelona)

Tak hanya piawai mendribel bola, Ronaldinho juga andal saat melepaskan si kulit bulat ke muka gawang. Dalam pandangan Cardetti yang kini berstatus sebagai pelatih, skill Ronaldinho masih lebih baik ketimbang Messi yang sejauh ini memenangkan enam trofi Ballon dOr.

BACA JUGA: Tak Pernah Latih Messi atau Ronaldo, Klopp Enggan Ambil Pusing

“Sebagai pelatih, saya akan memilih Ronaldinho ketimbang Messi untuk masuk tim saya. Saya sempat satu tahun membela tim yang sama Ronaldinho. Ia pemain yang berbeda, ia disentuh oleh tuhan. Ia selalu bersenang-senang dengan bola. Ia kerap mempelajari sejumlah trik di sesi latihan dan itu diperagakannya di pertandingan sebenarnya,” kata Cardetti mengutip dari Sportskeeda, Rabu (6/5/2020).

“Saya melihat gerakan Ronaldinho baik saat latihan maupun pertandingan sangat berbeda ketimbang pemain-pemain lain. Pemain seperti Ronaldinho sangat jarang ditemui dan saya sangat bangga sempat membela tim yang sama dengannya,” lanjut Cardetti.

Ronaldinho mengalami momen emas dari 1999-2006. Dalam kurun waktu tersebut, Ronaldinho memenangkan trofi prestisius seperti Copa America, Piala Dunia, Piala Konfederasi, Liga Champions dan Liga Spanyol.

Hanya saja selepas 2006, performa Ronaldinho merosot sehingga kualitasnya tak pernah lagi disorot. Bisa dibilang, konsistensi menjadi pembeda antara Messi dan Ronaldinho. Sebab, karier sepakbola Messi jauh lebih langgeng ketimbang Ronaldinho. Tercatat sejak 2007 Messi mentas di level teratas dan bertahan hingga kini.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini