nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Liga Inggris 2019-2020 Batal, Inggris Bisa Tanpa Wakil di Liga Champions Musim Depan

Andika Pratama, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 17:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 28 45 2190470 jika-liga-inggris-2019-2020-batal-inggris-bisa-tanpa-wakil-di-liga-champions-musim-depan-UxJNaVEo2S.jpg Trofi Liga Inggris (Foto: Premier League)

LONDON Liga Inggris 2019-2020 ditunda sampai 30 April 2020 akibat pandemi virus Corona (COVID-19). Hingga sekarang, hampir 15.000 orang positif virus Corona di Inggris yang 759 di antaranya harus kehilangan nyawa mereka.

Karena kondisi di Inggris belum juga membaik maka muncul rencana untuk membatalkan Liga Inggris musim ini. Alhasil, tidak tim yang menjadi juara, degradasi atau promosi. Akan tetapi, rencana itu memiliki risiko yang sangat besar untuk tim-tim Liga Inggris terutama yang biasa berlaga di kompetisi Eropa.

Mohamed Salah (Foto: UEFA)

Jurnalis Chris Williams mendapatkan informasi dari orang UEFA (Federasi Sepakbola Eropa) bahwa liga yang membatalkan musim ini akan sulit mengirimkan wakilnya ke kompetisi Eropa terutama jika liga lain menyelesaikannya. Tanpa liga yang selesai maka tim tidak memenuhi syarat untuk berlaga di kompetisi Eropa.

BACA JUGA: Poyet: Chelsea Wajib Mainkan Kante di Posisi Sesungguhnya!

“Sumber di UEFA: liga yang membatalkan musim bisa mengalami kesulitan untuk menominasikan perwakilan di Liga Champions dan Liga Eropa, terutama jika liga lain menyelesaikan kompetisi mereka. Tidak selesainya liga dapat menyebabkan non-kualifikasi, dapat dilihat sebagai tim tidak memenuhi syarat jika batal, membawa masalah koefisien juga,” tulis Williams di twitter, seperti yang dikutip The Sun, Sabtu (28/3/2020).

Sementara itu, informasi dari Williams memberikan angin segar kepada Liverpool. Sebab, Liverpool yang berjarak dua kemenangan lagi dari gelar juara Liga Inggris dapat berharap kompetisi tidak akan dibatalkan.

Apabila Liga Inggris musim ini dibatalkan maka Liverpool jadi tim yang paling menderita. Liverpool menderita bukan hanya karena gagal menyegel gelar juara yang tinggal selangkah lagi didapat. Melainkan juga disebabkan The Reds –julukan Liverpool– sudah 30 tahun tidak pernah menjadi kampiun Liga Inggris.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini