nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Guardiola Adalah Pelatih Terbaik di Generasinya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 26 Maret 2020 00:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 03 25 45 2189006 guardiola-adalah-pelatih-terbaik-di-generasinya-TVYc6B5NIF.jpg Josep Guardiola (Foto: Reuters)

MANCHESTER – Sepanjang berkarier sebagai pelatih sepakbola, Josep Guardiola telah menangani tiga tim berbeda dan tercatat telah berhasil memenangkan 29 trofi. Luar biasanya hal tersebut dilakukan Guardiola hanya dalam kurun waktu 11 tahun.

Dengan kondisi tersebut, tak ayal banyak orang yang mengecap Guardiola sebagai salah satu pesepakbola terbaik yang pernah ada. Akan tetapi, belakangan ini Guardiola kerap mendapat banyak kritik.

Baca juga: Liverpool Harus Buktikan Diri Setiap Tahun

Josep Guardiola

Hal tersebut tak lepas dari kegagalan Man City menyaingi Liverpool di ajang Liga Inggris 2019-2020. Setelah selama dua musim terakhir selalu keluar sebagai juara, di musim ini Man City justru harus tertinggal 25 poin dari Liverpool dalam perburuan gelar juara.

Sejumlah pihak pun mulai berpikiran bahwa Manajer Liverpool, Jurgen Klopp, saat ini adalah pelatih sepakbola terbaik, mengalahkan Guardiola. Apalagi, musim lalu Klopp sukses membawa Liverpool juara Liga Champions dan kini sukses memetik 27 kemenangan di Liga Inggris dari 29 kali bertanding.

Kendati demikian, legenda Man United, Rio Ferdinand, justru menganggap Guardiola sebagai pelatih terbaik di generasinya. Ferdinand tak memungkiri bahwa saat ini Klopp mungkin lebih unggul. Akan tetapi, ia menerangkan bahwa Guardiola adalah sosok yang telah memberikan revolusi dan terobosan dalam sepakbola.

"Saat ini Klopp hanya menaungi itu tetapi Pep adalah inovator, yang terbaik yang telah kita lihat dalam generasi kita. Anda bisa menyebut Johan Cruyff di masa lalu, sedangkan Pep saat ini," jelas Ferdinand, seperti dlansir dari Sportsmole, Kamis (26/3/2020).

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini