Persebaya vs Persija, Main 10 Orang Macan Kemayoran Kerepotan Ladeni Bajul Ijo

Avirista Midaada, Jurnalis · Kamis 20 Februari 2020 21:12 WIB
https: img.okezone.com content 2020 02 20 49 2171743 persebaya-vs-persija-main-10-orang-macan-kemayoran-kerepotan-ladeni-bajul-ijo-dpk91Yun3P.jpg Sergio Farias (Foto: Media Persija)

SIDOARJO - Persija Jakarta bermain dengan 10 orang sejak menit 33 laga kontra Persebaya Surabaya di final Piala Gubernur Jawa Timur (Jatim) 2020, Kamis (20/2/2020) sore WIB. Kartu merah didapat setelah bek Persija Ryuji Utomo melanggar penyerang Persebaya, David da Silva.

Kartu merah yang diterima di babak pertama membuat Macan Kemayoran -julukan Persija- kesulitan meladeni perlawanan Persebaya. Hal itu disampaikan pelatih Persija, Sergio Farias.

Sergio Farias (Foto: Media Persija)

"Ada kartu merah buat kita jadi kesulitan. Apalagi kita sempat dibuat down dengan gol di menit-menit awal," ungkap Farias sesuai pertandingan, Kamis (20/2/2020).

BACA JUGA: Aji Santoso Beberkan Penyebab Persebaya Bisa Menang Mudah atas Persija

Hal ini membuat pelatih asal Brasil tersebut  mengubah skema permainan yakni memasukkan fullback kiri Alfath Fathier dengan mengganti gelandang Evan Dimas Darmono. Pertimbanganya saat itu, Alfath bisa membantu menggempur sisi kanan pertahanan Persebaya yang tak bermain dengan pemain inti.

"Kita tahu bek persebaya kena kartu merah di semifinal. Yang masuk menggantikannya (M. Syaifuddin) bukan pemain inti. Jadi kita mencoba bermain agresif di sektor kanan dan akhirnya kami memasukkan Alfath" imbuhnya.

Meskipun telah memasukkan Alfath, Persija Jakarta justru kesulitan mengorganisasi permainan terutama dalam hal transisi dari bertahan ke menyerang, ataupun sebaliknya.

"Cuma susah kalau kita bermain 10 pemain. Susah mengorganisasi permainan, apalagi serangan balik susah, buat transisi susah, perlu waktu ke depan (dari bertahan)," bebernya.

Di sisi lain gelandang Persija Marc Klok mengatakan, bermain dengan 10 orang membuat mereka harus berusaha keras untuk mengimbangi Persebaya.

"Kartu merah di babak pertama cukup buat susah untuk menang, tapi pemain bekerja keras untuk bisa menyamakan kedudukan," kata Klok.

Persebaya sendiri pada akhirnya menang 4-1 atas Persija dan berhak meraih trofi Piala Gubernur Jatim 2020. Gol-gol Persebaya dicetak Oktafianus Fernando di menit ketiga, Makan Konate (52'), Ricky Kambuaya (55') dan  Mahmoud Eid (80'). Sementara itu, satu-satunya gol Persija dicetak Marko Simic di menit 44.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini