nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zidane Ungkap Alasan Pakai 5 Gelandang saat Taklukkan Valencia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 09 Januari 2020 07:50 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 01 09 46 2150902 zidane-ungkap-alasan-pakai-5-gelandang-saat-taklukkan-valencia-UulmZy0kS6.jpg Real Madrid membekuk Valencia 3-1 berkat perubahan taktik Zinedine Zidane (Foto: RFEF)

JEDDAH Real Madrid menurunkan formasi yang tidak biasa ketika mengalahkan Valencia di Semifinal Piala Super Spanyol, Kamis (9/1/2020) dini hari WIB. Juru taktik Los Blancos, Zinedine Zidane, mengubah pakem bermain dari formasi dasar 4-3-3 menjadi 4-3-2-1 dengan menempatkan lima gelandang di tengah.

Formasi dasar itu sengaja dipakai Zinedine Zidane agar Real Madrid tampil lebih ofensif dan berani menekan di daerah pertahanan lawan. Hasilnya, Luka Modric dan kolega mampu mendominasi penguasaan bola hingga 62% sepanjang 90 menit laga.

Dani Carvajal lebih leluasa naik membantu serangan dengan formasi tersebut (Foto: Real Madrid)

Baca juga: Zidane Puji Gol Fantastis Kroos ke Gawang Valencia

Zinedine Zidane mengaku dirinya bisa saja menempatkan lebih banyak pemain dalam posisi lebih melebar sebagai winger. Namun, pada akhirnya entrenador berkebangsaan Prancis itu memilih menurunkan Isco Alarcon dan Luka Modric guna memberi kebebasan kepada kedua fullback untuk membantu serangan.

“Kami bisa saja memakai lebih banyak pemain di posisi melebar, tetapi pada akhirnya memilih menggunakan Isco dan Modric lebih ke dalam untuk memberi kebebasan lebih kepada kedua fullback,” papar Zinedine Zidane, melansir dari laman resmi Real Madrid, Kamis (9/1/2020).

“Itu adalah susunan pemain yang ofensif, tetapi hal terpenting adalah bagaimana kami bermain di lapangan permainan lawan, menekan dalam posisi lebih tinggi, dan memaksa mereka melakukan kesalahan,” tukas pria berusia 47 tahun tersebut.

Taktik rancangan Zinedine Zidane berbuah hasil manis (Foto: Real Madrid)

Pilihan tersebut memang berbuah manis karena Real Madrid sukses menceploskan tiga gol ke gawang Valencia sementara lawan hanya bisa membalas sekali. Los Merengues kini tinggal menanti siapa lawan mereka di babak final, yaitu antara Barcelona atau Atletico Madrid, yang akan bertanding Jumat 10 Januari 2020 dini hari WIB.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini