Share

Indonesia Kirim Bali United dan Persebaya untuk ASEAN Club Championship 2020

Hendry Kurniawan, Okezone · Senin 30 Desember 2019 17:46 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 51 2147519 indonesia-kirim-bali-united-dan-persebaya-untuk-asean-club-championship-2020-IaBBDYqcfO.jpg Pemain Bali United melakukan selebrasi (Foto: @Liga1match)

JAKARTA โ€“ Indonesia berhak mengirimkan dua wakil untuk tampil di ASEAN Club Championship (ACC) 2020. Mengenai hal ini, Federasi Sepakbola Indonesia (PSSI) menunjuk Bali United dan Persebaya Surabaya sebagai wakil Tanah Air untuk berlaga di turnamen tersebut.

Perlu diketahui, ACC merupakan turnamen baru yang telah direstui oleh Federasi Sepakbola Dunia (FIFA). Sesuai dengan namanya, ACC akan menjadi ajang bagi klub-klub di Asia Tenggara untuk unjuk kebolehan. Turnamen ini akan dimulai pada April 2020.

Baca juga: Shin Tae-yong Disiapkan PSSI untuk Jangka Panjang

Pemain Persebaya selebrasi

Putaran final ACC 2020 rencananya akan diikuti oleh 12 klub. Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia mendapat perlakukan spesial karena berhak mengirimkan dua wakilnya langsung ke putaran final. Sedangkan Singapura dan Myanmar hanya boleh mengirimkan satu wakil yang langsung lolos ke putaran final. Sementara itu, untuk dua slot sisanya bakal diperebutkan lewat jalur play-off.

Dalam penyelenggaraan perdana ini, Indonesia mengirimkan Bali United dan Persebaya. Pasalnya, Bali United adalah juara Liga 1 2019 dan Persebaya menempati posisi runner-up. Indonesia sebenarnya bisa saja mengirimkan PSM Makassar selaku juara Piala Indonesia, namun PSSI memutuskan untuk mengambil runner-up Liga 1.

โ€œBali United dan Persebaya, pertimbangannya karena kedua klub tersebut merupakan juara dari kompetisi liga kita, dan satunya adalah runner-up. Secara syarat pilihannya adalah wajib mengirimkan juara dari liga, dan satunya bebas, bisa dari juara Piala Liga atau mungkin runner-up," jelas Sekretaris Jendral PSSI, Ratu Tisha, melansir dari Goal, Senin (30/12/2019).

Ratu Tisha

โ€œKami memilih Persebaya karena ingin memberikan kesempatan kepada klub Indonesia lainnya untuk merasakan kompetisi ini. Saya pikir ACC ini akan seru dan bagus," lanjut Tisha.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini