Kapten Wolverhampton Tegaskan Van Dijk Handsball Sebelum Mane Cetak Gol

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 30 Desember 2019 09:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 12 30 45 2147316 kapten-wolverhampton-tegaskan-van-dijk-handsball-sebelum-mane-cetak-gol-AQUTNAlOiq.jpg Van Dijk terlihat melakukan handsball. (Foto: Istimewa)

LIVERPOOL – Kapten Wolverhampton Wanderers, Conor Coady, menegaskan bek Liverpool Virgil van Dijk melakukan handsball sebelum terciptanya gol tunggal kemenangan The Reds atas sang lawan. Coady menilai, keputusan yang diambil wasit Anthony Taylor benar-benar merugikan timnya.

Liverpool menjamu Wolverhampton di pekan ke-20 Liga Inggris 2019-2020, Senin (30/12/2019) dini hari WIB. Meski bermain di kandang sendiri, si Merah mendapatkan perlawanan tangguh dari tim tamu.

Terbukti, tim asuhan Jurgen Klopp baru bisa mencetak gol melalui sepakan Sadio Mane pada menit 42. Akan tetapi, gol tunggal kemenangan Liverpool yang dicetak Mane sempat menimbulkan kontroversi. Sebab, dalam prosesnya sebelum bola masuk ke gawang Wolverhampton, Van Dijk yang membangun serangan dari belakang sempat menyentuh bola dengan tangan.

BACA JUGA: Van Dijk Yakin Liverpool Bisa Jauh Lebih Kuat di Paruh Kedua Liga Inggris 2019-2020

Saat itu menerima umpan dari salah satu pemain Liverpool, Van Dijk mengontrol bola dan kemudian si kulit bulat mengenai tangannya. Hanya saja, wasit tidak melihat insiden itu dan Van Dijk pun langsung memberikan umpan panjang ke depan.

Bola pun mengenai pundak Lallana, sebelum akhirnya si kulit bulat jatuh ke kaki Mane, dan pemain asal Senegal itu membobol gawang Rui Patricio. Wasit sebenarnya sempat menghentikan pertandingan dan melihat Video Asisstant Referee (VAR), mau memastikan apakah si kulit bulat mengenai tangan Lallana atau tidak.

Liverpool

Setelah melihat siaran ulang, bola mengenai bahu Lallana dan gol pun disahkan. Satu hal yang disayangkan Coady, wasit tidak melihat handsball yang dilakukan Van Dijk.

“Keputusan itu benar-benar membunuh kami. Bagi saya, VAR benar-benar tidak bekerja. Selain itu, saya juga telah berbicara kepada Anthony Taylor di sepanjang pertandingan. Namun, pertanyaan yang saya ajukan (soal handsball Van Dijk) tidak dijawab olehnya,” kata Coady mengutip dari Sportskeeda, Senin (30/12/2019).

“Kami pikir Van Dijk melakukan handsball sebelum membangun serangan. Ketika saya bertanya kepada wasit, ia mengaku berdiri terlalu jauh dari posisi Van Dijk,” lanjut Coady.

Berkat kemenangan 1-0 atas Wolverhampton, Liverpool kukuh di puncak klasemen Liga Inggris 2019-2020 dengan koleksi 55 angka. Mohamed Salah dan kawan-kawan unggul 13 poin dari Leicester City di tempat kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini