nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Klub Top Eropa Paling Sukses di Abad 21

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Jum'at 06 Desember 2019 12:31 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 12 06 51 2138685 5-klub-top-eropa-paling-sukses-di-abad-21-Zvh43nF8pp.jpg Real Madrid menjadi pengoleksi terbanyak Liga Champions (Foto: UEFA)

PRESTASI di lapangan hijau adalah idaman setiap tim atau klub di dunia. Namun, tidak semua klub berhasil meraih prestasi gemilang hingga masuk dalam jajaran lima besar di seantero jagat raya. Banyak pula klub yang berguguran ketika mencoba meraih status sebagai yang terbaik.

Kombinasi antara manajemen yang bagus, skuad mumpuni, dan pelatih yang kayak taktik, dapat membuahkan prestasi di lapangan hijau. Selain faktor-faktor tersebut, ada pula keberuntungan yang kadang bisa menjadi penentu sukses sebuah klub.

Pada abad 21, sejumlah klub layak dinobatkan sebagai yang terbaik, dengan acuan trofi di level Benua Eropa yang pernah dimenangi. Berikut lima klub tersebut, melansir dari Sportskeeda, Jumat (6/12/2019).

5. Chelsea

Sebelum memasuki abad 21, Chelsea tidak banyak dianggap sebagai klub yang sukses. Masuknya gelontoran dana tak terbatas dari pengusaha Rusia, Roman Abramovich, menjadikan klub yang bermarkas di London Barat tersebut sebagai yang patut diperhitungkan.

Chelsea masuk jajaran elite berkat dua trofi Liga Eropa dan satu Liga Champions

Kesuksesan Chelsea diawali dengan raihan kompetisi domestik berupa tiga gelar Liga Inggris hingga musim 2011-2012. Akhir musim 2011-2012 menjadi alasan mengapa Chelsea pantas masuk daftar ini. Sebab, mereka sukses merengkuh trofi Liga Champions, mengalahkan Bayern Munich lewat adu penalti.

Trofi Liga Champions bukan yang terakhir buat Chelsea di latar Eropa. Si Biru juga merengkuh trofi Liga Eropa sebanyak dua kali pada 2012-2013 dan 2018-2019. Tiga trofi di kompetisi benua itu sudah cukup untuk memasukkan Chelsea sebagai klub top Eropa.

4. Manchester United

Kesebelasan pengoleksi gelar Liga Inggris terbanyak ini memang sedang mengalami penurunan prestasi sejak 2013. Setan Merah belum lagi mampu meraih gelar juara Liga Inggris sejak pensiunnya Sir Alex Ferguson pada Mei 2013 atau enam tahun lalu.

Meski kering prestasi sejak 2013, Man United tetap salah satu tim terbaik Eropa

Meski begitu, Setan Merah tetap pantas berada dalam daftar ini. Man United sukses merebut satu trofi Liga Champions (2007-2008) dan satu Liga Eropa (2016-2017) sepanjang satu dekade terakhir. Trofi yang disebut terakhir bahkan membuat koleksi piala kompetisi mayor milik Man United lengkap.

Man United memang memasuki masa paceklik sejak pensiunnya Ferguson pada 2013. Akan tetapi, mereka masih mampu meraih trofi seperti Piala Liga Inggris dan Piala FA. Bahkan, mereka hanya tiga kali mengakhiri musim tanpa trofi dalam enam tahun terakhir.

3. Bayern Munich

Klub tersukses di Tanah Jerman ini juga pantas masuk dalam daftar. Dominasi Bayern Munich di Liga Jerman sudah tidak perlu diragukan lagi. Meski memasuki abad ke-21 dengan sebuah kesedihan, yakni kalah di Final Liga Champions 1998-1999 dari Man United, mereka tetap bisa berdiri dengan kepala tegak.

Bayern Munich masih menjadi tim terbaik di Eropa

Sejak kekalahan tragis itu, Bayern Munich rajin berbenah. FC Hollywood terhitung memenangi 14 gelar Liga Jerman dan sembilan DFB Pokal sejak itu. Belum lagi, mereka sanggup merebut dua trofi Liga Champions (2000-2001 dan 2012-2013) sehingga status sebagai yang terbaik di Eropa tetap disandang.

Raihan trofi Liga Champions terakhir menjadikan Bayern Munich meraih treble winners pertama sepanjang sejarah klub. Sudah pasti, The Bavarian pantas masuk dalam kategori klub top Eropa.

2. Real Madrid

Bicara soal prestasi di level benua, tidak bisa lepas dari nama Real Madrid. Betapa tidak, Los Blancos adalah pemilik gelar terbanyak Liga Champions dengan total 13 piala. Abad 21 pun diawali Real Madrid dengan satu raihan trofi berbentuk kuping besar itu.

Real Madrid tak boleh dilupakan sebagai tim terbaik

Sesudah trofi itu, Real Madrid tercatat memenangi lima gelar lain sejak 2000. Tiga raihan terakhir bahkan disabet secara beruntun pada 2015-2016, 2016-2017, dan 2017-2018. Total, Real Madrid mengoleksi 13 gelar Liga Champions atau kerap disebut La Decimotercera.

Kebetulan pula, jumlah gelar Liga Champions yang diraih Real Madrid dalam 19 tahun terakhir, sama persis dengan titel Liga Spanyol. Dominasi Barcelona di kompetisi domestik membuat Real Madrid hanya meraih enam gelar Liga Spanyol, terhitung sejak 2000-2001.

1. Barcelona

Secara total, raihan titel kompetisi benua Barcelona memang kalah dari Real Madrid pada dua dekade awal abad 21. Namun, satu yang tidak bisa disaingi Real Madrid, yaitu enam gelar yang disabet Barcelona hanya dalam jangka waktu satu musim.

Sebanyak 34 piala menjadikan Barcelona sebagai yang terbaik di Eropa

Masa keemasan itu tiba pada musim pertama Josep ‘Pep’ Guardiola mengasuh Barcelona. Gaya sepakbola tiki taka yang dibawa Pep membuat Blaugrana menjadi monster yang mengerikan. Liga Spanyol, Copa del Rey, Liga Champions, Piala Super Spanyol, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub, disabet Lionel Messi dan kawan-kawan pada 2008-2009.

Sejauh ini, Barcelona sudah memenangi 34 piala sejak memasuki abad 21. Jumlah tersebut tidak bisa disamai oleh klub-klub Eropa lainnya, termasuk juga Real Madrid. Tak pelak, Barcelona pantas disebut sebagai klub terbaik Eropa pada abad 21.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini