nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gagal di Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia, Thailand Kehilangan Satu Generasi?

Ramdani Bur, Jurnalis · Senin 11 November 2019 16:41 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 11 51 2128424 gagal-di-piala-aff-dan-kualifikasi-piala-asia-thailand-kehilangan-satu-generasi-CpBld3zeqT.jpg Timnas Thailand U-19 gagal lolos ke Piala Asia U-19 2020. (Foto: @Changsuek_TH)

TIM Nasional senior Thailand boleh saja berkibat. Saat ini, mereka memuncaki klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan koleksi tujuh angka, mengungguli Vietnam dan Uni Emirat Arab (UEA) di tempat kedua serta ketiga. Meski cukup impresif di level senior, performa Timnas Thailand U-19 jauh dari kata baik.

Awal mula buruknya performa Timnas Thailand U-19 tersaji saat mereka berkiprah di Piala AFF U-18 2019 yang digelar di Vietnam. Saat itu, Achitpol Keereerom dan kawan-kawan tergabung di Grup B bersama Australia, Malaysia, Vietnam, Kamboja dan Singapura.

Timnas Thailand u-19

Saat itu, mereka dijagokan lolos ke semifinal bersama Australia. Namun, hasil yang didapat jauh panggang dari api. Thailand terbenam di posisi lima Grup B dengan koleksi lima angka. Mereka terpaut tujuh poin dari Australia di tangga teratas, serta tertinggal empat angka dari Malaysia di tempat kedua.

BACA JUGA: 14 Negara Telah Lolos ke Piala Asia U-19 2020, Yaman Miliki Sejarah Paling Buruk

Namun, saat itu kegagalan Thailand tidak terlalu diratapi serius. Sebab, sejumlah pemain top tidak ikut serta, salah satunya Suphanat Mueanta. Meski baru berusia 17 tahun, Suphanat sudah bermain bersama tim senior Thailand dan Buriram United.

Karena itu, tenaga Suphanat diprediksi dapat meningkatkan tenaga Thailand saat turun di Kualifikasi Piala Asia U-19 2020. Thailand tergabung di Grup G bersama tuan rumah Kamboja, Malaysia, Kepulauan Mariana Utara dan Brunei Darussalam.

Suphanat Mueanta

(Suphanat mesin gol Timnas Thailand U-19)

Suphanat dan kawan-kawan membuka kualifikasi dengan cukup apik, yang mana menang 11-0 atas Brunei. Di laga tersebut, Suphanat mencetak quatrick (empat gol). Kemudian di laga kedua, Suphana membuat lima gol sekaligus membawa Thailand menang 21-0 atas Kepulauan Mariana Utara!

Catatan di atas membuat Thailand diprediksi dapat lolos ke semifinal Piala Asia U-19 2020. Akan tetapi, hasil buruk justru didapat Suphanat dan kawan-kawan dalam dua laga setelahnya. Mereka berturut-turut tumbang 1-2 dari Kamboja, serta ditaklukkan Malaysia 0-1.

Alhasil, Thailand hanya finis di posisi tiga Grup G, dan otomatis gagal lolos ke putaran final Piala Asia U-19 2020 yang digelar di Uzbekistan. Pertanda pembinaan sepakbolaa usia dini Thailand tak lagi berkembang? Di saat sepakbola Laos dan Kamboja mulai menggeliat, Thailand justru jalan di tempat.

Jika dibiarkan berlarut-larut, prestasi tim nasional senior yang jadi taruhannya. Sebab nantinya, pemain-pemain muda inilah yang menghuni skuad senior Tim Gajah Perang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini