nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Liverpool Kerap Comeback, Guardiola: Itu Bukan Keberuntungan!

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 08 November 2019 09:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 11 08 45 2127197 liverpool-kerap-comeback-guardiola-itu-bukan-keberuntungan-eYXtOIBmGG.jpg Liverpool (Foto: Twitter/@LFC)

LIVERPOOL – Pelatih Manchester City, Josep Guardiola menegaskan Liverpool bukan tim yang hanya mengandalkan keberuntungan untuk memenangkan pertandingan. Guardiola menegaskan Liverpool selalu bisa menang dalam keadaan sesulit apa pun karena memiliki mental dan bakat.

Liverpool memang jadi tim yang paling sulit dikalahkan akhir-akhir ini. Meski sudah tertinggal lebih dulu hingga masuk ke menit 80 ke atas tetapi Liverpool selalu menemukan cara untuk meraih tiga poin. Gol-gol krusial kerap Liverpool dapatkan pada menit-menit akhir babak kedua.

Divick Origi (Foto: Twitter/@LFC)

Banyak orang menyebut Liverpool dinaungi Dewi Fortuna sehingga kerap menang di menit-menit akhir. Akan tetapi, Guardiola tidak menyetujui pendapat itu karena keberuntungan hanya terjadi sekali tetapi Liverpool sudah berkal-kali comeback untuk meraih kemenangan.

BACA JUGA: Wenger: Cedera Laporte Akan Buat Man City Kesulitan di Kandang Liverpool

Pada Liga Inggris 2019-2020, Liverpool tercatat sudah tiga kali bangkit dari ketertinggalan untuk meraih kemenangan atau minimal mendapatkan hasil imbang. Pada pertandingan kontra Leicester City, skor 1-1 bertahan hingga menit ke-90 tetapi penalti James Milner pada injury time memberikan Liverpool kemenangan 2-1.

Kemudian Liverpool bermain imbang 1-1 di kandang Manchester United, Old Trafford setelah Adam Lallana pada menit 87 membuat gol penyeimbang kedudukan. Comeback teranyar Liverpool ialah saat menang dramatis 2-1 atas Aston Villa di Villa Park lewat dua gol yang dibuat Andy Robertson (87’) dan Sadio Mane (90+4’).

Pada musim lalu pun, Liverpool pun sering melakukan hal serupa yang semakin menegaskan mental dan bakat yang mereka miliki. Tak ayal Guardiola menolak pendapat orang-orang soal Liverpool yang menang karena keberuntungan.

Liverpool (Foto: Twitter/@LFC)

“Ketika orang-orang mengatakan 'mereka (Liverpool) beruntung' kemudian putra dan putri saya mengatakan 'mereka beruntung', saya mengatakan 'itu tidak beruntung'. Itu beruntung ketika terjadi satu atau dua kali. Akan tetapi, ketika musim lalu itu terjadi enam atau tujuh kali di menit-menit terakhir, untuk kembali dan memenangkan permainan,” ujar Guardiola, seperti yang dikutip dari Manchester Evening News, Jumat (8/11/2019).

“Kemudian musim ini, itu adalah kualitas spesial. Mental dan bakat untuk mempelajari itu, saya tidak percaya sepakbola tentang keberuntungan ketika itu terjadi berkali-kali. Itu karena mereka berbakat,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini