nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain yang Aksinya Dinanti di Laga Liverpool vs Man City

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Kamis 07 November 2019 12:31 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 11 07 45 2126840 5-pemain-yang-aksinya-dinanti-di-laga-liverpool-vs-man-city-KKlixpmiFJ.jpg Aksi Sergio Aguero sebagai penentu kemenangan dinantikan pada laga Liverpool vs Man City (Foto: Premier League)

PECINTA Liga Inggris akan dimanjakan dengan partai akbar akhir pekan ini antara Liverpool vs Manchester City di Stadion Anfield, Minggu 10 November 2019 malam WIB. Meski tidak akan mengubah posisi di klasemen, laga tersebut tetap menarik untuk disaksikan.

Laju Liverpool hingga pekan ke-11 tidak terkejar oleh rival-rivalnya, termasuk Man City. Si Merah nyaman berada di puncak klasemen dengan 31 poin hasil 10 menang dan sekali imbang. Sementara The Citizens, menghuni peringkat dua dengan 25 angka hasil dari delapan menang, satu imbang, dan dua kali kalah.

Baca juga: Cedera, Ederson Diragukan Tampil saat Liverpool vs Man City

Sang juara bertahan tentu ingin menipiskan jarak dengan Liverpool di puncak lewat raihan poin penuh. Sedangkan tuan rumah, berharap jarak dengan Man City melebar jadi sembilan angka demi memuluskan ambisi mengakhiri puasa gelar juara Liga Inggris dalam 30 tahun terakhir.

Kedua kesebelasan dijamin bakal menurunkan pemain terbaik demi meraih kemenangan. Namun, ada lima orang pemain dari kedua tim itu yang diyakini akan menjadi match winner atau penentu kemenangan. Siapa saja? Berikut ulasannya, mengutip dari Sportskeeda, Kamis (7/11/2019).

1. Trent Alexander-Arnold

Eks pemain Liverpool, Jamie Carragher, menyamakan kemampuan Alexander-Arnold dengan maestro assist Man City, Kevin de Bruyne. Ia menyebut Liverpool seperti memiliki Kevin de Bruyne di posisi fullback kanan karena kontribusi dari Alexander-Arnold sendiri.

Trent-Alexander Arnold sangat berbahaya di sisi kanan Liverpool (Foto: Twitter/Liverpool)

Walau sisi defensifnya masih perlu banyak perbaikan, pemain berusia 21 tahun itu sangat rajin merangsek ke depan guna membantu timnya. Catatannya musim ini cukup impresif dengan satu gol, tiga assist, dan mengkreasi sembilan peluang gol. Siapa pun pemain yang diturunkan pada sisi kiri pertahanan Man City harus bisa meredam eksplosivitas Trent jika ingin menang.

2. Kevin de Bruyne

Seperti sudah disinggung, Kevin de Bruyne adalah rajanya umpan matang di Man City. Pemain asal Belgia itu acap melepaskan umpan matang nan terukur ke wilayah pertahanan lawan demi membuka peluang gol atau bahkan menjadi assist buat rekan setimnya.

Kevin de Bruyne adalah master umpan-umpan terukur Man City (Foto: Sportskeeda)

Visi dan umpan silang Kevin de Bruyne sungguh mengerikan. Dari 10 penampilan di Liga Inggris 2019-2020, pemain berjuluk TinTin itu mencetak dua gol dan memberi sembilan assist. Selain itu, de Bruyne melepas rata-rata empat umpan kunci dan tiga crossing per laga.

Catatan tersebut tentu wajib diwaspadai siapa pun pemain bertipe gelandang bertahan yang diturunkan Jurgen Klopp. Membatasi pergerakan Kevin de Bruyne dapat menjamin keamanan di lini belakang karena aliran bola Man City ke Sergio Aguero/Gabriel Jesus terhambat.

3. Sadio Mane

Ketajaman Sadio Mane di lini depan membuat kerja Mohamed Salah dan Roberto Firmino tidak terlalu berat. Trisula Liverpool itu begitu mematikan sejak berkolaborasi pada musim 2017-2018. Khusus Sadio Mane, pemain asal Senegal itu untuk sementara menjadi top skor klub di Liga Inggris 2019-2020.

Sadio Mane dapat merepotkan pertahanan Man City (Foto: Premier League)

Dari 11 penampilan, eks pemain Southampton itu mengemas enam gol dan empat assist. Pergerakan sang pemain yang tidak hanya statis di sisi kiri serangan, membuatnya sulit untuk dimatikan oleh lini belakang lawan.

Sadio Mane memang berposisi sebagai winger, tetapi ia rajin merangsek ke bagian tengah kotak penalti. Lini pertahanan Man City harus waspada dengan pergerakannya, serta kombinasi umpan satu dua dengan Roberto Firmino yang kerap dimanfaatkan untuk mencetak gol.

4. Raheem Sterling

Sayap serang berkebangsaan Inggris ini menjelma sebagai andalan Josep ‘Pep’ Guardiola untuk mencetak gol apabila penyerang utama dimatikan. Sebanyak delapan gol disumbangkan Raheem Sterling sehingga menjadi pemain tersubur kedua Man City di Liga Inggris 2019-2020.

Raheem Sterling sedang panas (Foto: Premier League)

Sayangnya, Raheem Sterling tidak punya catatan bagus ketika melawan Liverpool. Ia baru sekali membobol gawang Si Merah sejak hengkang pada bursa transfer musim panas 2015. Satu-satunya gol itu tercipta pada laga Community Shield Agustus 2019.

Pemain berusia 24 tahun itu tentu penasaran dengan gawang Liverpool yang dikawal Alisson Becker. Apalagi, ia akan bermain di Stadion Anfield yang pernah menjadi rumahnya pada rentang 2013-2015. Raheem Sterling tentu akan diandalkan Pep Guardiola sebagai sumber gol alternatif.

5. Sergio Aguero

Bicara soal produktivitas gol Man City, tentu tidak bisa dilepaskan dari seorang Sergio Aguero. Penyerang berkebangsaan Argentina itu adalah sumber gol utama The Citizens sejak hengkang ke Tanah Britania pada bursa transfer musim panas 2011.

Ketajaman Sergio Aguero tidak perlu diragukan lagi (Foto: Premier League)

Gawang Liverpool bahkan cukup akrab dengan Sergio Aguero. Pemain berusia 31 tahun itu sudah 14 kali bersua dengan Si Merah di Liga Inggris dengan mengemas tujuh gol. Rekornya juga cukup imbang, yakni empat menang, empat kali seri, dan enam kali kalah.

Lini belakang Liverpool tentu harus ekstra waspada terhadap Sergio Aguero karena yang bersangkutan juga tengah tajam di Liga Inggris 2019-2020. Hingga pekan ke-11, pemain yang akrab disapa Kun itu sudah mengemas sembilan gol. 

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini