FIFA Restui Penyelenggaraan ASEAN Club Championship 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 05 November 2019 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2019 11 05 51 2126095 fifa-restui-penyelenggaraan-asean-club-championship-2020-o2Ygiio2Ef.jpeg Presiden FIFA Gianni Infantino dalam kunjungan ke Bangkok, Thailand, pekan lalu (Foto: Istimewa)

BANGKOK – Gagasan Federasi Sepakbola Asia Tenggara (AFF) untuk menggelar ASEAN Club Championship (ACC) pada 2020 mendapat restu dari Presiden FIFA, Gianni Infantino. Kompetisi tersebut nantinya diikuti 12 klub terbaik di Asia Tenggara dari asosiasi negara-negara yang tergabung di AFF.

Presiden AFF, Mayor Jenderal Khiev Sameth, mengaku senang dengan dukungan yang ditunjukkan Gianni Infantino dalam kunjungannya ke Thailand. Dukungan yang sama juga diberikan oleh Presiden Federasi Sepakbola Asia (AFC), Syekh Salman bin Ibrahim al Khalifa.

Gianni Infantino merestui penyelenggaraan ASEAN Club Championship (Foto: FIFA)

Baca juga: Jokowi Bertemu Presiden FIFA di Bangkok

“Kami memberikan pandangan soal rencana ACC kepada Presiden Infantino dan dia sangat positif mengenai kompetisi tersebut. Dia memberikan kami saran-saran berguna dan dukungan penuh untuk ACC,” tutur Mayor Jenderal Khiev Sameth, dalam keterangan pers, Selasa (5/11/2019).

Pria asal Kamboja itu menambahkan, banyak faktor yang dipertimbangkan sebelum memuluskan rencana ACC. Beberapa pertimbangan antara lain adalah kesesuaian jadwal dengan kompetisi domestik, FIFA, dan AFC, termasuk di dalamnya Liga Champions Asia (ACL) karena tidak mau kompetisi baru itu menyaingi gengsi ACL.

Persija Jakarta bisa bertemu Becamex Binh Duong di ACC (Foto: Persija Jakarta)

“ACC akan membantu klub meningkatkan finansial, promosi pariwisata olahraga (sports tourism), dan memperkaya pengalaman sepakbola bagi 650 juta penggemar olahraga ini di kawasan,” sambung Khiev Sameth.

ACC nantinya akan diikuti oleh 12 klub terbaik di Asia Tenggara untuk memperebutkan hadiah total senilai USD500 ribu (setara Rp6,9 miliar). Dengan perubahan format Piala Dunia Antarklub 2021, AFF berharap pemenang ACC nantinya juga mendapat satu tempat di putaran final Piala Dunia Antarklub.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini