nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Kandidat Paling Kuat Peraih Trofi Ballon dOr 2019

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Selasa 22 Oktober 2019 13:13 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 22 51 2120126 5-kandidat-paling-kuat-peraih-tropi-ballon-dor-2019-TXkJqiR6DN.jpg Cristiano Ronaldo masuk dalam salah satu pemain yang difavoritkan meraih Trofi Ballon dOr (Foto: Reuters)

PEMENANG Ballon d’Or 2019 baru akan diumumkan pada 2 Desember 2019 di Theatre du Chatelet, Paris, Prancis. Akan tetapi, sudah ada beberapa nama yang diprediksi bakal menjadi calon kuat untuk meraih gelar bergengsu tersebut.

Sejauh ini, pihak France Football baru menetapkan 30 nama kandidat peraih Ballon d'Or. Tim penilai yang terdiri dari perwakilan satu jurnalis tiap negara kemudian dihimpun untuk menilai setiap pemain berdasarkan tiga kriteria.

Kriteria pertama adalah performa individual dan kolektif sepanjang tahun. Kedua adalah talenta dan sikap fair play. Ketiga adalah karier sang pemain. Berikut Okezone akan membahas lima kandidat paling kuat untuk meraih Tropi Ballon d’Or 2019.

5. Lionel Messi

Lionel Messi

Bintang Barcelona, Lionel Messi, menjadi kandidat kuat peraih Trofi Ballon d’Or 2019. Penampilan impresif serta pencapaiannya bersama Barcelona menjadi sepanjang musim lalu membuatnya layak untuk diperhitungkan.

Pemain berjuluk La Pulga itu berhasil mengantarkan Blaugrana menjadi kampiun Liga Spanyol musim lalu. Dari 50 pertandingan di semua kompetisi bersama pasukan Ernesto Valverde, Messi tercatat telah mengoleksi 51 gol dan 22 assist. Selain itu, faktor lain yang juga membuat Messi sebagai salah satu yang difavoritkan lantaran pemain 32 tahun itu berhasil merebut trofi pemain terbaik FIFA 2019.

4. Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo

Rival Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, juga menjadi salah satu sosok yang sikup difavoritkan untuk meraih t Trofi Ballon d’Or 2019. Pemain berdarah Portugal itu tampil cukup impresif bersama Juventus di ajang Liga Italia musim lalu. Ronaldo tercatat tampil sebanyak 43 kali dengan menorehkan 21 gol dan delapan assist untuk skuad Bianconeri –julukan Juventus.

Kepindahannya ke Juventus pada musim panas 2018 kemarin semoat memunculkan banyak pertanyaan. Akan tetapi, Ronaldo kemudian membuktikannya dengan mengantarkan Juventus meraih Scudetto Liga Italia 2018-2019 dan Trofi Supercopa. Pencapaian itu yang membuat Ronaldo masih dijagokan untuk meraih Trofi Ballon d’Or 2019.

3. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk

Liverpool menjadi klub dengan pemain terbanyak dalam daftar nominasi Trofi Ballon d’Or 2019. The Reds –julukan Liverpool– tercatat meloloskan tujuh pemainnya, yakni Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino, Georginio Wijnaldum, Trent Alexander-Arnold, Alisson Becker dan Virgil van Dijk.

Dari sejumlah pemain tersebut, nama terakhir menjadi salah satu yang cukup dijagokan untuk meraih trofi Ballon d’Or tahun ini. Sebagaimana diketahui, Van Dijk memang memiliki peran penting dalam pencapaian skuad Liverpool sepanjang musim lalu.

Pemain berdarah Belanda itu tampil impresif di lini pertahanan tim yang akhirnya mampu mengantarkan Liverpool meraih gelar juara Liga Champions 2018-2019.

2. Sadio Mane

Sadio Mane

Pemain-pemain yang berlaga di kompetisi Liga Inggris cukup mendominasi daftar peraih Trofi Ballon d’Or 2019 kali ini. Penggawa Liverpool, Sadio Mane, merupakan salah satunya. Bersama rekan satu timnya, Virgil van Dijk, Mane cukup dijagokan untuk meraih gelar penghargaan Individual tersebut.

Mane memang tampil impresif bersama Liverpool sepanjang musim lalu. Selain peran peran pentingnya dalam skuad Jurgen Klopp, gelar pencetak gol terbanyak Liga Inggris 2018-2019 juga menjadikan pemain berdarah Senegal itu sebagai kandidat kuat peraih Trofi Ballon d’Or tahun ini.

1. Frenkie de Jong

Frenkie De Jong

Pemain muda Barcelona, Frenkie de Jong masuk dalam salah satu nama yang cukup difavoritkan untuk meraih Trofi Ballon d’Or 2019. Pencapaiannya bersama Ajax Amsterdam sepanjang 2018-2019 yang membuatnya layak untuk dijagokan meraih gelar penghargaan Individual tersebut.

Berlaga di kompetisi Eropa, De Jong berhasil membawa Ajax Amsterdam tampil luar biasa di ajang Liga Champions 2018-2019 meski akhirnya harus kalah dari Tottenham Hotspur di babak semifinal. Sementara di kancah domestik, pemain 22 tahun itu berhasil membawa timnya mengawinkan dua gelar juara yakni Juara Liga Belanda 2018-2019 dan Piala Copa 2018-2019.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini