nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Alternatif Strategi Timnas Indonesia saat Jumpa UEA

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 10:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 10 51 2115078 alternatif-strategi-timnas-indonesia-saat-jumpa-uea-3j2TZTzhek.jpg Suasana sesi konferensi pers Indonesia vs UEA. (Foto: PSSI)

DUBAITim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi Uni Emirat Arab (UEA) di laga lanjutan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, Kamis (10/10/2019) malam WIB. Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy, kemungkinan besar akan menurunkan pola andalannya, yakni 4-2-3-1.

Hanya saja, pola 4-2-3-1 gagal memberikan hasil manis dalam dua laga terakhir yang dijalani Timnas Indonesia. Dalam dua laga terakhir, Timnas Indonesia tumbang 2-3 dari Malaysia dan Thailand (0-3) dengan pola tersebut. Karena itu, tidak ada salahnya jika McMenemy menggunakan pola lain.

Kualifikasi Piala Dunia, Indonesia Kalah dari Malaysia

(Indonesia saat kalah 2-3 dari Malaysia)

Pola 4-4-2 dapat dipilih pelatih berpaspor Skotlandia tersebut. Nantinya, posisi penjaga gawang bisa dipercayakan kepada Andritany Ardhiyasa. Meski tampil kurang baik di laga Malaysia dan Thailand, pengalaman Andritany masih lebih tinggi ketimbang dua kiper Timnas Indonesia lainnya, Muhammad Ridho dan Wawan Hendrawan

BACA JUGA: Prakiraan Susunan Pemain Timnas Indonesia di Laga Kontra UEA

Untuk posisi empat bek sejajar, kemungkinan besar bakal dipercayakan kepada kuartet Putu Gede Juniantara, Hansamu Yama Pranata, Manahati Lestusen dan Rezaldi Hehanusa. Kemudian, posisi winger kanan diberikan kepada Riko Simanjuntak dan Saddil Ramdani beroperasi di sisi sebelahnya.

Selanjutnya, dua gelandang bisa diisi Evan Dimas/Stefano Lilipaly dan Zulfiandi. Untuk posisi terdepan, duet Beto Goncalves dan Irfan Bachdim layak dikedepankan. Beto dan Bachdim pernah berduet saat Timnas Indonesia menghadapi Vanuatu pada Sabtu 15 Juni 2019.

Cetak Gol Quatrick, Beto Bawa Timnas Indonesia Taklukan Vanuatu 6-0

(Beto menggila di laga kontra Vanuatu)

Saat itu, Timnas Indonesia menang 6-0 atas Vanuatu dan empat gol di antaranya dilesakkan Beto. Sebagai tambahan, saat Indonesia menang 6-0 atas Vanuatu, McMenemeny menurunkan pola 4-4-2.

Karena itu, pola 4-4-2 bisa dicoba oleh McMenemy, ketika formasi 4-2-3-1 tidak berjalan baik dalam dua laga terakhir. Tidak ada salahnya bagi McMenemy untuk mencoba pola baru, mengingat Timnas Indonesia membutuhkan perubahan hasil (kemenangan) untuk menjaga peluang lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

Berikut formasi Timnas Indonesia di laga kontra UEA dengan pola 4-4-2:

(4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Putu Gede, Hansamu Yama, Manahati, Rezaldi; Riko, Evan/Lilipaly, Zulfiandi, Sadill; Irfan Bachdim, Beto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini