nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelatih Timnas Belanda di Piala Dunia 2010 Bangga Kalahkan Malaysia

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 12 September 2019 13:47 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 09 12 51 2103950 pelatih-timnas-belanda-di-piala-dunia-2010-bangga-kalahkan-malaysia-CZzT9mv96X.jpg Timnas UEA saat hendak hadapi Malaysia. (Foto: Twitter @ueant2019)

KUALA LUMPUR – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Belanda di Piala Dunia 2010 yang kini menangani Uni Emirat Arab (UEA), Bert van Marwijk, senang bukan main timnya dapat menang 2-1 atas Malaysia. Juru taktik 67 tahun itu menilai, hal yang sulit untuk mengalahkan Malaysia saat bermain di kandang lawan.

Harimau Malaya –julukan Malaysia– menjamu UEA pada Selasa 10 September 2019 dengan motivasi tinggi. Sebab, lima hari sebelumnya Mohamadou Sumareh dan kawan-kawan menang 3-2 atas Indonesia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Timnas Malaysia

Kemenangan itu praktis meningkatkan semangat Malaysia saat menjamu UEA. Terbukti laga belum genap satu menit, Malaysia sudah unggul lebih dulu lewat aksi Syafiq Ahmad. Setelah gol tersebut, Malaysia membuat sejumlah peluang emas pada 20 menit awal.

BACA JUGA: Ditanya soal UEA, Tan Masih Singgung Timnas Indonesia

Hanya saja, tidak ada yang masuk ke gawang UEA kawalan Khalid Essa. Kemudian di menit 43, UEA yang terus ditekan justru menyamakan kedudukan lewat sang bomber, Ali Mabkhout. Penyerang milik klub Al Jazira itu kembali mencetak gol di menit 73, sekaligus membuat UEA berbalik unggul 2-1.

Setelah gol tersebut atau tepatnya 15 menit terakhir, UEA mendapat tekanan masif dari Malaysia. Pemain-pemain Malaysia yang baru masuk di babak kedua seperti Saymer Kutty Abba, Akhyar Rasyid dan Janasekaran Partiban memberikan nyawa baru bagi serangan Malaysia. Beruntung bagi UEA, lewat pertahanan rapat, mereka dapat menjaga keunggulan 2-1 tetap bertahan hinga akhir.

Timnas Malaysia

“Ketika pelatih Malaysia mulai mengubah susunan pemainnya, mereka mendapat semangat lebih, terutama di 15 menit akhir. Kami bekerja sangat keras saat itu. Satu hal yang pasti, kami senang karena dapat memenangi pertandingan. Terlebih, tak banyak tim yang bisa menang di Malaysia,” kata Van Marwijk mengutip dari laman resmi AFC, Kamis (12/9/2019).

Selanjutnya pada Kamis 10 Oktober 2019 pukul 23.00 WIB, UEA akan menjamu Indonesia di Stadion Al Maktoum. Andai meraih kemenangan, Omar Abdulrahman dan kawan-kawan akan naik ke puncak klasemen Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini