Persija Harus Puas Berbagi Angka dengan PSM

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Rabu 28 Agustus 2019 17:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 08 28 49 2097771 persija-harus-puas-berbagi-angka-dengan-psm-RBXSS2GbVa.jpg Novri Setiawan dan kawan-kawan harus puas berbagi angka dengan PSM Makassar (Foto: Twitter/Persija Jakarta)

JAKARTA – Persija Jakarta gagal membalaskan dendam kepada PSM Makassar pada lanjutan Liga 1 2019, Rabu (28/8/2019) sore WIB. Macan Kemayoran harus rela berbagi angka 0-0 dengan tim tamu pada laga yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Pertandingan berjalan lambat sejak awal. Baik Persija Jakarta mau pun PSM Makassar tampak kelelahan didera jadwal padat dalam sebulan terakhir. Kedua tim juga tampak bermain hati-hati di awal pertandingan.

Baca juga: Persija vs PSM Masih Tanpa Gol di Babak Pertama

Persija Jakarta sulit membobol gawang PSM Makassar di paruh pertama (Foto: Twitter/Persija Jakarta)

Peluang pertama di laga tersebut justru diraih PSM Makassar lewat sundulan Eero Markkanen di menit 20. Namun, penyerang asal Finlandia itu kurang tenang dalam penyelesaian akhir. Muhammad Rahmat juga gagal memanfaatkan celah terbuka di lini pertahanan Persija Jakarta pada menit ke-23 setelah sepakannya dari jarak dekat,melambung di atas mistar gawang.

Juku Eja kembali mengancam lewat tembakan bebas Wiljan Pluim di menit ke-32 yang mampu ditepis Shahar Ginanjar. Memasuki 10 menit terakhir babak pertama, PSM Makassar justru menguasai jalannya pertandingan.

Persija Jakarta baru bisa memperoleh peluang terbaik lewat tendangan bebas Ismed Sofyan menit ke-38. Pemain yang sedang berulang tahun ke-40 itu mengarahkan bola ke pojok kanan atas, tetapi masih bisa dihalau Rivky Mokodompit sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Marko Simic hampir membuat Jakmania bersorak di injury time babak pertama, tetapi tembakan mendatarnya masih bisa diamankan kiper. Skor masih sama kuat hingga turun minum.

Babak Kedua

Ambisi memetik poin penuh membuat Persija Jakarta tampil lebih agresif di awal paruh kedua. Marko Simic kembali mendapat peluang untuk membuka skor di menit ke-49. Akan tetapi, tembakan menyilang penyerang berkebangsaan Kroasia itu masih melenceng tipis dari sasaran.

Persija Jakarta sempat mencetak gol di menit ke-52 lewat Novri Setiawan, tetapi dianulir wasit Yeni Krisdianto. Sebab, bola terlebih dahulu menyentuh tangan Ramdani Lestaluhu di kotak penalti sebelum si kulit bundar ditendang ke jaring gawang oleh Novri.

Persija Jakarta gagal mencuri kemenangan melawan PSM Makassar (Foto: Twitter/PSM Makassar)

Peluang kembali didapat Marko Simic di menit ke-63. Meski dijepit dua bek PSM Makassar, eks pemain Becamex Binh Duong itu masih bisa melepaskan tembakan yang lagi-lagi melebar. Selang tiga menit, Riko Simanjuntak berhasil menembus kotak penalti lawan, tetapi terlalu memaksakan melepas tembakan dari sudut sempit.

Penyelamatan luar biasa dilakukan Rivky Mokodompit pada menit ke-76 guna menyetop sundulan Ryuji Utomo dari jarak dekat. Kiper berusia 30 tahun itu lagi-lagi mampu mengamankan gawangnya di menit ke-86, kali ini dari tembakan keras Bambang Pamungkas.

Pertandingan berjalan keras memasuki injury time babak kedua. Wasit harus mengeluarkan kartu kuning untuk tiga pemain Persija Jakarta. Peluang terakhir dari sundulan Bambang Pamungkas juga gagal membobol gawang Rivky Mokodompit. Kedua tim harus puas bermain imbang tanpa gol.

Susunan Pemain

Persija Jakarta: Shahar Ginanjar; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo (Yan Pieter Nasadit , Maman Abdurrahman, Rezaldi Hehanusa; Toni Sucipto, Rohit Chand, Ramdani Lestaluhu (Bambang Pamungkas 58’); Riko Simanjuntak, Marko Simic, Novri Setiawan

Cadangan: Adixi Lenzivio, Al Hamra Hehanusa, Dany Saputra, Fitra Ridwan, Yan Pieter Nasadit, Heri Susanto, Bambang Pamungkas

Pelatih: Julio Banuelos

PSM Makassar: Rivky Mokodompit; Asnawi Mangkualam, Aaron Evans, Abdul Rahman, Beny Wahyudi (Hasyim Kipuw 67’); Muhammad Arfan (Rasyid Bakrie 54’), Marc Klok, Wiljan Pluim; Zulham Zamrun (Raphael Maitimo 80’), Eero Markkanen, Muhammad Rahmat

Cadangan: Hery Prasetyo, Hasyim Kipuw, Munhar, Taufik Hidayat, Rizky Pellu, Raphael Maitimo, Rasyid Bakrie

Pelatih: Darije Kalezic

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini