nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menangi Adu Penalti, Timnas Indonesia U-15 Segel Posisi Tiga di Piala AFF 2019

Andika Pratama, Jurnalis · Jum'at 09 Agustus 2019 17:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 08 09 51 2089929 menangi-adu-penalti-timnas-indonesia-u-15-segel-posisi-tiga-di-piala-aff-2019-zilmbfuDMb.jpg Timnas Indonesia U-16 (Foto: Twitter/@PSSI)

CHONBURI Timnas Indonesia U-15 bertanding melawan Vietnam untuk memperebutkan peringkat tiga di Piala AFF 2019. Laga penting itu berlangsung di Chonburi Campus Stadium pada Jumat 9 Agustus 2019 sore WIB. Timnas Indonesia U-15 memulai laga dengan tak terlalu baik karena penguasaan bola lebih banyak dimiliki lawan.

Namun, Timnas Indonesia U-15 perlahan-lahan mampu keluar dari tekanan sehingga mampu balik menyerang. Kendati demikian, kedudukan 0-0 di papan skor tak mengalami perubahan karena tak ada gol yang tercipta untuk kedua tim. Kendati demikian, Timnas Indonesia U-15 menang atas Vietnam dalam babak adu penalti yang berakhir dengan skor 3-2.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Timnas Indonesia U-15 tak mampu memiliki penguasaan bola lebih dulu karena Vietnam langsung memberikan tekanan. Penguasaan bola pun akhirnya dimiliki Vietnam yang memanfaatkan itu untuk melancarkan serangan ke pertahanan Timnas Indonesia U-15.

Tim asuhan Bima Sakti Tukiman itu pun dipaksa untuk lebih banyak bertahan agar tidak kebobolan gol cepat. Kukuhnya pertahanan Timnas Indonesia U-15 membuat Vietnam cukup kelimpungan karena penguasaan bola yang dimiliki dalam 10 menit awal tak membuahkan hasil.

Perlahan-lahan Timnas Indonesia U-15 pun mampu mengimbangi permainan Vietnam sehingga mampu keluar menyerang. Timnas Indonesia U-15 mendapatkan peluang emas saat laga memasuki menit 20-an. Peluang pertama Timnas Indonesia U-15 didapatkan melalui aksi individu Alexandro Felix Kamuru yang menerobos pertahanan lawan pada menit 21.

Timnas Indonesia U-16 (Foto: Twitter/@PSSI)

Patut disayangkan, umpan terakhir dari Kamuru gagal menemui rekan setimnya di kotak penalti. Peluang itu berlanjut tiga menit kemudian saat Ahmad Athallah Araihan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti seusai melalukan umpan satu dua dengan rekan setimnya.

Namun, peluang itu juga gagal membuat Timnas Indonesia U-15 membuka skor di babak pertama. Keasyikan menyerang membuat kapten Timnas Indonesia U-15, Marcell Januar Putra, membuat blunder pada menit 32. Penguasaan bola Marcell direbut pemain Vietnam sehingga langsung berhadapan satu lawan satu dengan I Made Putra Kaicen.

Beruntung bagi Timnas Indonesia U-15 sepakan akhir dari penyerang Vietnam tidak menemui sasaran sehingga kedudukan di papan skor tak mengalami perubahan. Skor 0-0 akhirnya menutup babak pertama karena tak ada tambahan gol yang tercipta untuk kedua tim.

Babak Kedua

Timnas Indonesia U-15 tak terlalu baik dalam memulai babak kedua karena penguasaan bola kembali dimiliki Vietnam. Hal itu membuat Timnas Indonesia U-15 harus bekerja keras guna merapatkan pertahanan layaknya babak pertama.

Timnas Indonesia U-15 berusaha untuk merebut penguasaan bola Vietnam dengan menaikkan tempo permainan. Usaha itu berhasil karena perlahan-lahan Timnas Indonesia U-15 mampu mengimbangi permainan Vietnam. Kendati demikian, belum ada peluang berarti yang didapatkan kedua tim hingga menit 65.

Timnas Indonesia U-16 (Foto: Twitter/@PSSI)

Baik Timnas Indonesia U-15 dan Vietnam sama-sama kesulitan untuk menembus pertahanan masing-masing tim. Pelanggaran pun banyak terjadi setelah menit 65 karena stamina kedua tim banyak terkuras. Kondisi Itu membuat babak kedua berakhir dengan skor 0-0.

Karena laga berakhir dengan skor 0-0 maka pemenang harus ditentukan dengan babak adu penalti. Timnas Indonesia U-15 harus berterima kasih kepada sang penjaga gawang, Kaicen. Ketika dua dari tiga pemain Timnas Indonesia U-15 gagal mencetak gol maka Kaicen jadi juru selamat dengan menepis tiga tendangan pemain Vietnam.

Timnas Indonesia U-15 pun menang dalam babak adu penalti dengan skor 3-2 atas Vietnam. Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia U-15 menyegel posisi tiga di Piala AFF 2019.

Berikut susunan pemain Timnas Indonesi U-15 vs Vietnam:

Timnas Indonesia U-15: I Made Putra Kaicen; Alfin Farhan Lestaluhu, Mikael Alfredo Tata, Marcell Januar Putra, Alexandro Felix Kamuru; Valeron, Dimas Juliono Pamungkas, Marselino Ferdinan; Mohammad Faizal Shaifullah, Ahmad Athallah Araihan, Ruy Arianto.

Vietnam: Nguyen Quang Truong; Nguyen Van Bay, Tran Dinh Thanh, Nguyen Hai Nam, Cam Ba Thanh; Vo Anh Quan, Dang Ba Ha, Nguyen Cong Son; Do Van Chi, Le Minh Tuan, Ngo Van Bac.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini