nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Walikota Milan Tak Setuju San Siro Diruntuhkan

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 25 Juni 2019 15:17 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 06 25 47 2070676 walikota-milan-tak-setuju-san-siro-diruntuhkan-u1glDwjdwg.jpg San Siro akan diruntuhkan (Foto: Reuters)

MILAN Inter Milan dan AC Milan telah setuju untuk membangun stadion baru atas nama mereka sendiri di samping San Siro dalam waktu dekat dan diproyeksikan selesai pada 2022. Dengan dibangunnya stadion baru itu maka San Siro rencananya akan dirubuhkan lebih dulu.

Namun, rencana Inter dan Milan tidak disetujui oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Milan selaku pemilik San Siro. Walikota Milan, Beppe Sala, menyatakan San Siro akan tetap berdiri hingga 2026 sehingga tidak akan ada pembangunan apa pun dalam waktu dekat ini di sampingnya.

Pemkot Milan ingin tetap mempertahankan San Siro agar tetap bisa digunakan untuk Olimpiade Musim Dingin 2026. San Siro rencananya akan menjadi venue utama dari acara itu sehingga tak mungkin dirubuhkan begitu saja.

Inter Milan merayakan gol vs Chievo (Foto: Twitter/@inter)

Pernyataan dari Pemkot Milan itu tentu saja tak sejalan dengan niat Inter dan Milan. Pertentangan itu akan menghambat pembangunan stadion baru. Padahal, Inter dan Milan amat butuh stadion baru untuk menambah pemasukan mereka setiap musimnya.

BACA JUGA: Inter dan Milan Akan Runtuhkan San Siro demi Stadion Baru

Pemasukan yang bertambah akan membuat Inter dan Milan semakin kuat secara finansial. Kekuatan finansial yang semakin kuat diharapkan berdampak pada daya saing Inter dan Milan di kompetisi domestik Italia sehingga mampu meruntuhkan dominasi Juventus yang tersaji dalam delapan musim terakhir ini.

AC Milan merayakan gol (Foto: Twitter/@acmilan)

“Pemkot memiliki San Siro. Jika Milan dan Inter memutuskan untuk membangun stadion, saya hanya bisa mengatakan dua hal. Itu akan memakan waktu dan akhirnya kami adalah pemilik stadion. Dalam dokumen Milan-Cortina, kami menjamin bahwa pada 2026 San Siro akan tetap buka seperti biasa. Itu akhir dari cerita,” ujar Sala, seperti yang dikutip Football Italia, Selasa (25/6/2019).

“Setelah 2026, kami akan memutuskan masa depan San Siro soal adanya stadion baru. Akan tetapi, kami benar-benar bersikeras bahwa ini akan menjadi tempat upacara pembukaan (Olimpiade Musim Dingin 2026). Sudah jelas bahwa stadion (baru) itu sendiri, jika tidak ada masalah yang lain, tidak dapat dipertahankan secara finansial,” sambung Walikota Milan itu.

“Anda dapat membangunnya jika Anda melakukan sesuatu di sekitarnya seperti tempat tinggal dan bangunan komersial. Jika kedua tim akan mempresentasikan proyek global, tidak mungkin itu bisa dilakukan dalam beberapa tahun,” tambah Sala.

“Saya ingin melakukan sesuatu besok, tetapi itu tidak akan terjadi. Saya harus mengurangi antusiasme. Ditambah lagi, dalam dokumen kami, kami menulis bahwa upacara pembukaan akan diadakan di San Siro dan San Siro adalah milik kami. Oleh karena itu, saya akan tetap membukanya sampai 2026. Saya akan mendengarkan kedua tim, tetapi stadion ini milik Pemkot dan Pemkot mempertahankan komitmennya untuk menjaga San Siro terbuka hingga 2026,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini