nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Messi Harus Tanggung Jawab Barcelona Gagal Juara Liga Champions

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Senin 24 Juni 2019 20:41 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 06 24 261 2070383 messi-harus-tanggung-jawab-barcelona-gagal-juara-liga-champions-ImzC30moBV.jpg Lionel Messi dan Ernesto Valverde (Foto: Reuters)

AMSTERDAM – Sudah empat tahun berlalu sejak Barcelona terakhir kali menjadi juara Liga Champions. Menanggapi hal itu, mantan pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal, menilai bahwa Lionel Messi adalah sosok yang paling bertanggung jawab atas kegagalan Barca di kancah persepakbolaan Eropa dalam beberapa tahun belakangan.

Menurut Van Gaal, saat ini Barca tidak bisa menampilkan permainan terbaiknya karena mereka terlalu bergantung kepada Messi. Meski pemilihan taktik dan strategi merupakan bagian dari tanggung jawab pelatih, namun Messi dinilainya tidak bisa merangkul rekan-rekannya menjadi tim yang padu.

(Baca juga: Mayoritas Fans Brasil Ingin Neymar Kembali ke Barcelona)

Para pemain Barcelona melakukan selebrasi

Apabila melihat permainan Messi secara individu, Van Gaal tidak memungkiri kalau pemain berjuluk La Pulga itu memiliki kualitas yang luar biasa. Van Gaal sendiri pun mengaku terkesan dengan skill olah bola yang dimiliki Messi karena bisa bermain dengan indah.

Kendati demikian, hal itu dinilainya tak cukup untuk membuat tim menjadi padu dan solid. Terlebih lagi, status Messi saat ini di Barca adalah sebagai kapten. Messi tentunya juga harus menjaga semangat timnya.

“Lihatlah Barcelona. Berapa banyak Liga Champions yang mereka menangkan dengan yang semua orang katakan adalah pemain terbaik di dunia? Lihat Neymar di PSG. Berapa banyak Liga Champions yang dia menangkan? Saya suka Neymar dan Messi sebagai pemain individu, bukan sebagai pemain tim,” terang Van Gaal, melansir dari Give Me Sport, Senin (24/6/2019).

Lionel Messi harus tanggung jawab atas kegagalan Barca

“Saya percaya bahwa tidak ada yang lebih penting daripada pemain tim. Barca menderita karenanya. Saya pikir Messi harus bertanya pada dirinya sendiri bagaimana mungkin dia sudah begitu lama tanpa memenangkan Liga Champions. Sebagai kapten, Anda harus bertanya pada diri sendiri mengapa timnya tidak menang di Eropa. Barca memiliki pasukan yang fantastis. Saya pikir Messi alias bertanggung jawab atas apa yang terjadi di Barcelona, bukan hanya pelatih,” tandas Van Gaal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini