nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

George Weah Satu-satunya Pesepakbola Terbaik Dunia Asal Afrika

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Sabtu 22 Juni 2019 11:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 06 22 51 2069528 george-weah-satu-satunya-pesepakbola-terbaik-dunia-asal-afrika-N21bw01vcd.jpg George Weah raih trofi Ballon dOr 1995 (Foto: Getty Images)

TINTA emas sejarah dicatatkan atas nama George Weah pada 1995. Pesepakbola asal Liberia tersebut menjadi satu-satunya pemain dari Benua Afrika yang pernah memenangi gelar individu, yakni Ballon dOr serta Pesepakbola Terbaik di Dunia.

Bakat besar George Weah sebetulnya baru terendus pada 1988 atau ketika usianya menginjak 22 tahun. Pada usia tersebut, ia memutuskan meninggalkan Benua Hitam untuk hengkang ke Eropa bersama AS Monaco di bawah asuhan Arsene Wenger.

Weah hanya memperkuat Les Monegasque selama tiga tahun dan kemudian hijrah ke Paris Saint-Germain (PSG). Di Ibu Kota Prancis lah nama George Weah makin dikenal dunia. Penampilan ciamiknya membuat AC Milan terpikat dan memboyongnya ke Italia pada 1995.  

George Weah mengejar bola (Foto: Irishtimes)

Musim perdananya di Italia benar-benar penuh sukses. Bersama Dejan Savicevic dan Zvonimir Boban, George Weah membentuk trisula mematikan. Ia juga berhasil menjadi top skor Liga Italia 1995-1996. Pencapaian hebat tersebut tentu saja mengundang decak kagum dari seantero dunia.

Skill mumpuni, tubuh atletis, dan tajam di mulut gawang, menjadi dasar pertimbangan pemberian banyak penghargaan pada 1995. Salah satu bukti kehebatannya adalah gol solo-run ke gawang Hellas Verona di Stadion San Siro pada Liga Italia 1995-1996.

Infografis George Weah (Foto: Okezone)

Penampilan hebat tersebut membuat George Weah diganjar berbagai penghargaan prestisius, Ballon dOr, Onze dOr dari majalah Prancis Onze Mundial, Pemain Terbaik Afrika, dan Pemain Terbaik FIFA 1995. Semua penghargaan tersebut diraih pada tahun yang sama.

Sederet penghargaan tersebut menjadi rekor tersendiri di kemudian hari. Hingga detik ini, belum pernah ada pemain asal Afrika lainnya yang diganjar trofi Ballon dOr dan Pemain Terbaik FIFA. Yang terdekat hanya Samuel Eto’o yang menjadi pilihan ketiga Pemain Terbaik FIFA 2005.

Tinta emas lain yang ditorehkan George Weah adalah, satu-satunya pemain yang menyabet tiga penghargaan bergengsi dalam satu tahun. Ia menjadi pesepakbola terbaik Benua Afrika (benua asalnya), Benua Eropa (tempatnya bermain), dan dunia pada tahun yang sama alias Grand Slam.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini