Permainan Barcelona Monoton, Coutinho Tidak Berguna

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 09 Mei 2019 03:05 WIB
https: img.okezone.com content 2019 05 09 261 2053306 permainan-barcelona-monoton-coutinho-tidak-berguna-ui3HZvC97S.jpg Philippe Coutinho dan Ivan Rakitic (Foto: UEFA)

LIVERPOOL – Barcelona harus tersingkir secara mengenaskan dari pentas Liga Chmpions 2018-2019 usai ditumbangkan Liverpool dengan skor 0-4 pada semifinal leg kedua. Menanggapi hal itu, mantan Pelatih Timnas Inggris, Fabio Capello, menilai kalau Barca memang layak tersingkir karena menampilkan permainan yang monoton.

Menurut Capello, Barca seharusnya menampilkan gaya permainan yang berbeda setelah memiliki keunggulan agregat 3-0. Pelatih Barca, Ernesto Valverde, juga dtuntut untuk lebih kreatif. Terlebih lagi, pihak Barca telah mengetahui kalau Liverpool akan tampil menyerang sejak menit awal guna mengejar ketertinggalan agregat.

(Baca juga: Jadi Pahlawan, Ball Boy Liverpool Dihadiahi Tiket Final Liga Champions)

Liverpool vs Barcelona

Capello memandang terdapat beberapa pemain Barca yang dianggapnya tidak perlu ada di starting XI, seperti Arturo Vidal dan Philippe Coutinho. Karena, Capello memandang peran kedua pemain tersebut tak berguna, utamanya Coutinho. Akan tetapi, comeback-nya Liverpool bisa terjadi juga tak lepas dari gol Divock Origi di babak pertama.

“Blaugrana tidak dapat mengubah pendekatan mereka dan mereka terkejut dalam tiga kesempatan. Kami mengatakan sebelum pertandingan bahwa Liverpool akan memiliki kesempatan jika mereka mencetak gol di babak pertama. Mereka melakukannya dan gol di babak pertama membantu mereka karena akan sulit untuk mencetak tiga gol di babak kedua,” jelas Capello, melansir dari Calcio Mercato, Kamis (9/5/2019).

Ernesto Valverde

“Saya pikir Valverde agak sok. Dia seharusnya melakukan sesuatu yang berbeda, dia pergi ke Liverpool dengan susunan pemain yang sama pada pekan sebelumnya. Dia pikir Vidal sudah cukup untuk menghentikan Liverpool. Saya pikir Coutinho seharusnya ditinggalkan di bangku cadangan. Ketika dia memainkan pertandingan tandang, dia tidak berguna,” ujar pelatih berpaspor Italia itu.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini