nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kalahkan Juventus 2-1, Ajax ke Semifinal Liga Champions 2018-2019

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Rabu 17 April 2019 03:56 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 04 17 261 2044455 kalahkan-juventus-2-1-ajax-ke-semifinal-liga-champions-2018-2019-gkAkMCYDNq.jpg Gol De Ligt pastikan Ajax lolos ke semifinal Liga Champions 2018-2019. (Foto: UEFA)

TURIN – Ajax Amsterdam memastikan diri menjadi tim yang lolos ke semifinal Liga Champions 2018-2019 usai berhasil mengalahkan Juventus dengan skor 2-1, pada Rabu (17/4/2019) dini hari WIB. Dengan kemenangan di leg II perempatfinal itu, Ajax pun lolos dengan agregat 3-2 atas Juventus.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Juventus sebenarnya sempat unggul terlebih dahulu melalui sundulan dari megabintang mereka, yakni Cristiano Ronaldo pada menit ke-28. Berkat umpan terukur Miralem Pjanic, Ronaldo memberikan harapan lebih untuk Juventus saat itu.

Akan tetapi gol yang dilesatkan Ronaldo sempat menjadi dipertanyakan kubu Ajax lantaran pemain mereka diduga sudah dilanggar sebelum pemain asal Portugal itu menyundul bola ke arah gawang Juventus. Namun ketika wasit mengeceknya melalui VAR, gol Ronaldo tersebut pun dinyatakan sah.

Keunggulan Juventus itu pun tak bertahan lama. Pasalnya Ajax langsung segera membalas di menit ke-34. Adalah Donny van de Beek yang lolos dari jebakan offside dan berhasil membuat laga kembali imbang 1-1 atau secara agregat menjadi 2-2. Dengan gol dari Van de Beek itu, maka pertandingan pun menjadi tambah sengit.

Di waktu yang tersisa, kedua tim masih berusaha mencetak gol keduanya. Namun sayang waktu tak cukup dan wasit langsung menyudahi laga babak pertama tersebut. Juventus pun harus puas mengakhiri babak pertama dengan skor 1-1 dengan Ajax.

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, Juventus kembali mencoba untuk mengambil alih jalannya pertandingan. Perlahan namun pasti, Ronaldo dan kawan-kawan mulai menemukan irama permainannya lagi.

Akan tetapi Ajax tak membiarkan begitu saja. Tim asuhan Erick ten Hag itu mampu membalas serangan Juventus, bahkan bisa dikatakan jauh lebih berbahaya lagi. Ajax menunjukkan performa yang luar biasa di babak kedua ini.

Maka tak mengherankan bila Ajax akhirnya mampu mencetak gol keduanya melalui Matthijs de Ligt di menit ke-67. Melalui skema tendangan pojok dari Schone, De Ligt mampu menyundul bola tepat ke gawang Juventus. Skor pun berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan tim tamu.

Gol yang dibuat De Ligt jelas makin memberatkan Juventus untuk lolos. Pasalnya tim asuhan Massimiliano Allegri itu perlu untuk mencetak dua gol lagi agar bisa meraih kemenangan atas Ajax. Namun bukannya Juventus yang menekan, Ajax justru yang makin gencar untuk menyerang.

Bahkan Ajax sempat berhasil lagi memasukkan bola ke gawang Juventus pada menit ke-79, namun sayang Ziyech yang melesatkan bola sudah berada di posisi offiside sebelumnya. Gol tersebut pun langsung dianulir oleh sang pengadil lapangan.

Ketika laga ingin berakhir, baik Juventus dan Ajax masih jual beli serangan. Namun pada akhrinya wasit berkata lain dan menghentikan pertandingan lantaran waktu sudah habis. Ajax pun dinyatakan menang dengan skor 2-1 atas Juventus dan berhak lolos ke semifinal Liga Champions 2018-2019 usai secara agregat menang 3-2.

Berikut susunan pemain:

Juventus XI (4-3-3): Wojciech Szczesny; Mattia De Sciglio, Leonardo Bonucci, Daniele Rugani, Alex Sandro; Emre Can, Miralem Pjanic, Blaise Matuidi; Federico Bernardeschi, Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo

Ajax XI (4-2-3-1): Andre Onana; Joel Veltman, Matthijs de Ligt, Daley Blind, Noussair Mazraoui; Lasse Schone, Frenkie de Jong; Hakim Ziyech, Donny van de Beek, David Neres; Dusan Tadic

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini