nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Barcelona Gagal di Liga Champions Bukan karena Kehilangan Gaya Bermain

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 28 Maret 2019 21:14 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 03 28 261 2036371 barcelona-gagal-di-liga-champions-bukan-karena-kehilangan-gaya-bermain-qSgtLkQWj4.JPG Pemain Barcelona melakukan selebrasi (Foto: Reuters)

BARCELONA – Setiap tahunnya Barcelona selalu menjadi favorit untuk menjuarai kompetisi Liga Champions. Kendati begitu, dalam tiga musim belakangan, klub berjuluk Blaugrana itu nyatanya hanya bisa melangkah hingga babak perempatfinal saja. Tak ayal, kondisi ini membuat sejumlah pihak menilai kalau Barca tak lagi menampilkan gaya bermain seperti yang mereka tunjukkan pada era kejayaannya.

Menanggapi hal itu, legenda Barca, Carles Puyol, menerangkan kalau Blaugrana saat ini sebenarnya tetap menampilkan gaya bermain yang sama. Filosofi sepakbola dengan mengandalkan umpan-umpan pendek dan penguasaan bola dinilai Puyol masih diterapkan di Barca.

(Baca juga: Puyol Akui Sangat Terpukul dengan Pengkhianatan Figo ke Madrid)

Lyon vs Barcelona

Kendati begitu, Puyol menilai bahwa bukanlah hal mudah untuk menampilkan permainan yang persis sama seperti saat di masa lampau. Pasalnya, kini Barca sudah tidak punya lagi para pemain seperti Andres Iniesta dan Xavi Hernandez yang memiliki kekuatan luar biasa di lini tengah.

“Saya pikir Barca sedang mencoba untuk bermain, memiliki penguasaan bola, dan mendominasi permainan. Tapi, itu tidak selalu mungkin. Jika Anda membandingkannya dengan Barcelona ketika saya masih bermain dan ketika masih memiliki Xavi, Iniesta, sulit untuk melihat permainan seperti itu lagi,” jelas Puyol, menyadur dari Marca, Kamis (28/3/2019).

Xavi dan Iniesta

“Akan tetapi gagasan dan filosofinya ada di sana dan mereka terus mempertahankannya. Mereka mencoba melakukan sepakbola yang sama, namun itu tidak mudah. Mereka bagus, namun kami mengalami hari yang sangat buruk dan dalam kejuaraan (Liga Champions), hal itu harus dibayar,” lanjut Puyol.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini