nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Pemain Bintang yang Diorbitkan Van Gaal, Nomor 2 Legenda Barcelona

Admiraldy Eka Saputra, Jurnalis · Rabu 13 Maret 2019 19:45 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 03 13 51 2029599 5-pemain-bintang-yang-diorbitkan-van-gaal-nomor-2-legenda-barcelona-oRAaYXtMk0.jpg Louis Van Gaal (Foto: TalkSport)

SALAH satu pelatih ternama, Luois van Gaal telah memutuskan untuk mengundurkan diri dari dunia sepakbola. Pelatih yang sudah malang melintang di berbagai kompetisi besar itu tercatat pernah menangani beberapa klub besar seperti Ajax Amsterdam, Manchester United, hingga Barcelona.

Tak sedikit juga pemain bintang yang lahir dari tangan dingin pelatih asal Belanda itu. Melansir dari laman Sportskeeda, Rabu (13/3/2019), berikut Okezone akan membahas mengenai lima pemain bintang yang diorbitkan van Gaal.

5. Marcus Rashford (Manchester United)


Marcus Rashford tengah berada dalam performa terbaiknya bersama Manchester United. Dibawah asuhan pelatih baru mereka, Ole Gunnar Solskjaer, Rashford menjelma menjadi pemain depan yang ditakuti banyak tim lawan.

Rashford sendiri sejatinya sudah berada di skuad Setan Merah sejak 2015 lalu. Ia menjadi salah satu pemain yang diorbitkan van Gaal saat masih menjabat di kursi kepelatihan Manchester Merah. Akan tetapi, status sebagai pemain muda membuatnya kesulitan mendapat kepercayaan untuk memiliki waktu bermain lebih banyak dari pelatih Man United sebelumnya.

4. Edgar Davids


Edgar Davids merupakan salah satu pemain jebolan akademi milik Ajax Amsterdam. Davids kemudian menjadi pemain yang mendapat kesempatan untuk bermain di skuad utama saat van Gaal menangani klub tersebut pada 1991 lalu.

Eks penggawa Juventus itu bahkan menjadi sosok yang mengantarkan Ajax menjadi juara Liga Champions pada periode 1994-1995. Penampilan konsistennya dilapangan membuat Davids selalu memiliki tempat untuk mengisi skuad inti Ajax kala itu.

3. Thomas Muller


Tak salah sepertinya jika Muller menyebut Van Gaal sebagai salah satu pelatih yang memberikan inspirasi dalam permainan sepakbolanya. Bagaimana tidak, Muller menjadi pemain yang mendapat kesempatan untuk memperkuat skuad utama Bayern Munich di era kepelatihan pria asal Belanda itu.

Keputusan Van Gaal untuk memberikan kontran Muller di skuad utama meski baru berusia 19 tahun ternyata tidak salah. Sejak saat itu, Muller terus tumbuh menjadi striker yang sangat produktif di tanah Jerman.

2. Andres Iniesta


Mungkin tidak banyak yang tahu jika Legenda Barcelona, Andres Iniesta, menjadi salah satu pemain yang diorbitkan oleh Van Gaal. Hal itu terjadi saat sang pelatih menangani Blaugrana pada 2002 lalu.

Kala itu, Van Gaal memberikan kesempatan kepada Iniesta yang masih berusia 18 tahun. Selanjutnya, Iniesta menjadi pemain pilar Barcelona dan disebut sebagai satu di antara gelandang terbaik di dunia.

1. Clarence Seedorf


Siapa yang tak kenal pemain satu ini. Secara statistik, Clarence Seedorf adalah salah satu pemain paling sukses sepanjang masa. Ia masih menjadi satu-satunya pemain yang meraih lima kali gelar Liga Champions dengan tiga klub berbeda. Gelandang Belanda merebut gelar bersama Ajax pada 1994-1995, Real Madrid pada 1997-1998 dan 1999-2000, dan AC Milan pada 2002-2003 dan 2006-2007.

Sama seperti rekan-rekannya di akademi Ajax, Seedorf menjadi pemain yang bersinar dibawah kepelatihan Van Gaal. Memulai karirnya sebagai gelandang sayap kanan, Seedorf tampil pada debut tim pertamanya di Ajax pada November 1992. Seedorf pada usia 16 tahun menjadi debutan termuda bagi klub pada saat itu.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini