nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ditumbangkan Newcastle, Langkah Persija di Liga Champions Asia 2019 Berakhir

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 12 Februari 2019 17:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 02 12 51 2016937 ditumbangkan-newcastle-langkah-persija-di-liga-champions-asia-2019-berakhir-653xTsqZ4q.jpg Skuad Persija Jakarta (Foto: Media Persija)

NEWCASTLE – Persija Jakarta melakoni babak kualifikasi Liga Champions Asia 2019 dengan bertandang ke markas Newcastle Jets di McDonald Jones Stadium, pada Selasa (12/2/2019) sore WIB. Tampil tertekan sejak menit awal, Persija pun harus menyerah dengan skor akhir 1-3 dari Newcastle.

Dengan kekalahan ini, langkah Persija di Liga Champions Asia 2019 pun dipastikan berakhir. Skuad Macan Kemayoran –julukan Persija– harus rela terlempar ke ajang Piala AFC 2019. Sementara Newcastle pun lolos babak berikutnya dan menghadapi Kashima Antlers untuk bisa masuk fase grup Liga Champions Asia 2019.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Bertindak sebagai tim tamu, membuat Newcastle beberapa kali menebar ancaman ke gawang Persija. Akan tetapi sejumlah peluang emas yang didapat oleh Matt Ridenton dan Steven Ugarkovic belum mampu membuahkan gol untuk Newcastle

Pada menit ke-18, Persija baru mendapatkan kesempatan perdana mereka untuk membuat publik tuan rumah tersentak. Melalui sepakan volinya, Riko Simanjuntak hampir membawa Persija unggul 1-0 atas Newcastle. Tapi tembakan Riko masih tepat di pelukan kiper Newcastle, Glen Moss.

Tujuh menit berselang, Riko kembali menebar ancaman untuk gawang Newcastle. Melihat ada celah di pertahanan Newcastle, Riko lalu melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Tapi sayang, tembakannya belum tepat sasaran.

Persija vs Newcastle Jets

Petratos hampir saja membuka keunggulan untuk Newcastle atas Persija. Berawal dari blunder yang dilakukan Ryuji Utomo, Matt Ridenton lalu mengirimkan bola kepada Dimi Petratos. Petratos yang sudah berhadapan satu lawan satu dengan Andritany Ardhiyasa, justru gagal melepaskan sepakannya hingga akhirnya bola dengan mudah diamankan kiper Persija tersebut.

Tidak berselang lama giliran Roy O'Donovan yang hampir mencatatkan namanya di papan skor sekaligus membuka keunggulan Newcastle atas Persija. Menerima sodoran matang dari Ridenton, O'Donovan menyambutnya dengan sundulan. Namun, sundulannya masih melebar di sisi kiri gawang Persija.

Beberapa menit jelang turun minum, Marko Simic hampir saja mencetak gol indah melalui sepakan saltonya. Akan tetapi bola hasil sepakan Simic tersebut masih melambung tinggi di atas gawang Newcastle.

Hingga peluit panjang ditiupkan bertanda usainya babak pertama, kedudukan 0-0 pun masih menghiasi papan skor pertandingan antara Newcastle melawan Persija.

Babak Kedua

Babak kedua baru berjalan empat menit, Newcastle langsung membuka keunggulan mereka atas Persija. Adalah Ronald Vargas yang berhasil mencatatkan namanya di papan skor, usai memaksimalkan umpan matang dari O'Donovan. Newcastle 1-0 Persija.

Tertinggal 1-0 atas Newcastle, membuat Persija meningkatkan tempo permainan mereka. Sejumlah upaya pun dilancarkan Persija untuk bisa menyamakan kedudukan. Tapi aksi-aksi dari Riko dan Beto masih belum membuahkan hasil.

Pada menit ke-65, Newcastle hampir saja menambah keunggulan mereka jadi 2-0 atas Persija. Memaksimalkan tinjuan bola yang kurang sempurna dari Andritany, Kantarovski pun coba melepaskan sepakan dari luar kotak penalti. Namun tembakannya masih jauh dari sasaran.

Persija vs Newcastle Jets

Persija berhasil menyamakan kedudukan jadi 1-1 ketika pertandingan memasuki menit ke-72. Memaksimalkan sepak pojok Riko, Ramdani Lestaluhu berhasil menyambutnya dengan sundulannya meluncur ke dalam gawang Newcastle.

Ketika babak kedua hanya tersisa empat menit lagi, Newcastle mendapatkan kesempatan dari sepakan bebas. Petratos yang mengeksekusi coba mengirimkan umpan kepada O'Donovan. Tapi upaya O'Donovan masih mampu digagalkan oleh Andritany.

Di pengujung laga, Newcastle kembali mendapatkan kesempatan emas dari sepakan bebas Ridenton. Akan tetapi upaya pemain berusia 22 tahun tersebut masih belum berhasil memberikan gol kedua utnuk Newcastle di laga ini.

Babak kedua pertandingan antara Newcastle melawan Persija pun berakhir dengan skor 1-1. Dengan begini pertandingan antara Newcastle melawan Persija harus diteruskan ke babak tambahan, untuk menentukan siapa yang melaju ke babak berikutnya.

Babak Tambahan

Babak tambahan pertama berlangsung, kedua tim nampaknya tidak terlalu terburu-buru untuk melancarkan serangan. Itu terbukti dengan lebih banyaknya para pemain kedua tim memainkan bola di area tengah lapangan.

Andritany kembali menunjukkan kualitasnya sebagai penjaga gawang terbaik di Indonesia. Kiper berusia 27 tahun tersebut berhasil mementahkan peluang emas yang didapat oleh Ridenton untuk bisa membawa Newcastle unggul 2-1 atas Persija.

Ketika babak tambahan pertama hanya menyisahkan lima menit lagi, Persija kembali harus melihat gawang mereka kebobolan. Kali ini adalah Nigel Boogaard yang berhasil melepaskan sepakan dan tak mampu diamankan oleh Andritany.

Persija vs Newcastle Jets

Babak tambahan kedua baru berlangsung selama satu menit, Newcastle sudah mengancam gawang Persija. Adalah Ugarkovic yang memberikan ancaman ke gawang Persija melalui tembakannya. Namun lagi-lagi Andritany berhasil mengagalkan upaya Newcastle menambah keunggulan mereka.

Newcastle kembali mendapatkan peluang emas untuk bisa menambah keunggulan mereka jadi 3-1 atas Persija. Akan tetapi hal itu urung terjadi setelah tembakan Ugarkovic masih mampu diamankan oleh Andritany.

Ketika babak tambahan kedua hanya menyisahkan satu menit lagi, Newcastle berhasil menambah keunggulan mereka jadi 3-1. Memaksimalkan umpan dari Ugarkovic, Ridenton menyambutnya dengan sundulan yang tak mampu diamankan oleh Andritany.

Hingga peluit panjang ditiupkan wasit bertanda usainya laga, tidak ada lagi gol tambahan yang dicetak oleh kedua tim. Kubu tuan rumah, Newcastle, berhasil memenangkan laga dengan skor 3-1 atas lawannya, Persija.

Susunan Pemain

Newcastle Jets (4-2-3-1): Glen Moss; Jason Hoffman, Daniel Georgievski, Nigel Boogaard, Ivan Vujica; Ben Kantarovski, Steven Ugarkovic; Matt Ridenton, Ronald Vargas, Dimi Petratos, Roy O'Donovan.

Pelatih: Ernie Merrick

Persija (4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Maman Abduraham, Dany Saputra (Fitra Ridwan 80’); Yan Pieter (Tony Sucipto 39’), Sandi Sute, Ramdani Lestaluhu, Riko Simanjuntak; Marko Simic, Alberto Goncalves (Novri Setiawan 69’).

Pelatih: Ivan Kolev

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini