Sebelum ke Barcelona, De Jong Hampir Gabung Man City

Andika Pratama, Jurnalis · Rabu 30 Januari 2019 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 01 30 51 2011165 sebelum-ke-barcelona-de-jong-hampir-gabung-man-city-ow0j8ECjwV.jpg Frenkie de Jong dan Josep Bartomeu (Foto: Twitter/@jmbartomeu)

AMSTERDAM – Pandit sepakbola, Marcel van der Kraan, menyatakan bahwa Frenkie de Jong berpeluang besar gabung Manchester City sebelum memilih pindah ke Barcelona. Van der Kraan juga membenarkan jika de Jong sempat berbicara dengan Pelatih Man City, Josep Guardiola, untuk membicarakan kepindahannya ke Etihad Stadium.

Akan tetapi, ketika pembicaraan itu berlangsung kesepakatan tak kunjung tercapai. Kesepakatan yang tak kunjung tercapai itu disinyalir karena masalah Financial Fair Play (FFP) yang mengintai Man City jika melakukan transfer besar.

Frenkie de Jong (Foto: AFP)

Karena kendala itu pada akhirnya Barcelona yang mendapatkan jasa de Jong dari Ajax Amsterdam dengan mahar sebesar 75 juta euro atau sekira Rp1,2 triliun. Barcelona pun masih memiliki kewajiban memberikan 11 juta euro atau sekira Rp177 miliar lagi kepada Ajax jika de Jong memenuhi syarat-syarat tertentu.

BACA JUGA: Disebut Tentara Bayaran, Higuain Balas Komentar Pedas Politisi Italia

Namun, de Jong tak akan langsung bergabung dengan Lionel Messi dan kawan-kawan. Pasalnya, kontrak pemain berpaspor Belanda itu baru aktif pada 1 Juli 2019. Dengan demikian, Ajax masih bisa menggunakan jasa de Jong hingga musim 2018-2019 berakhir.

Frenkie de Jong tanda tangan kontrak dengan Barcelona (Foto: Twitter/@FCBarcelona)

“De Jong telah mengambil keputusan pada tahap awal. Dia (de Jong) ingin pergi ke satu klub yakni Manchester City karena mereka memiliki pelatih yang dipercayai adalah salah satu yang terbaik di dunia,” ujar van der Kraan, seperti yang diwartakan Sky Sports, Rabu (30/1/2019).

"(Pelatih Timnas Belanda) Ronald Koeman merekomendasikan pemain itu kepada Guardiola dengan mengatakan 'Jika Anda menginginkan gelandang hebat yang dapat membantu tim untuk melakukan tiki-taka dan membangunnya dari belakang, ini adalah orangnya. De Jong mengadakan pertemuan dengan Guardiola tetapi pada tahap itu (kesepakatan) agak jauh,” lanjut pandit sepakbola itu.

“Ajax selalu memberinya izin di musim dingin untuk berbicara dengan beberapa pelatih termasuk Thomas Tuchel dari PSG. Tetapi jika Man City tidak terganggu oleh masalah internal mereka sendiri; sepertinya Financial Fair Play, dia akan pergi ke sana,” tutup van der Kraan.

(ADP)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini