nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Persib Bandung Jadi Klub Paling Populer di Asia

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Selasa 08 Januari 2019 21:56 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 08 51 2001762 persib-bandung-jadi-klub-paling-populer-di-asia-AJI7q1bzVX.jpg Skuad Persib Bandung (Foto: Persib/Twitter)

BANDUNG – Klub kebangaan warga Jawa Barat, Persib Bandung, tercatat sebagai klub sepakbola paling populer di Benua Asia. Hal tersebut merujuk kepada The Global Digital Football Study yang dirilis dua kali dalam setahun oleh media olahraga asal Jerman, Result Sports.

Dalam rilis yang diterbitkan 4 Januari 2019, Persib unggul dibandingkan klub-klub lainnya asal Asia dengan mengantongi 15 juta pengikut di media sosial. Platform terbanyak yang menyumbang kepopuleran Maung Bandung adalah Facebook dengan total 9 juta pengikut.

(Baca juga: Dipecat Persib, Mario Gomez Tempuh Jalur Hukum?)

Persib Bandung

Melansir dari situs resmi Persib Bandung, Selasa (8/1/2019), media sosial Twitter menjadi penyumbang terbanyak dengan 3 juta pengikut. Terakhir, media sosial Instagram memberi sumbangsih sebesar 2 juta pengikut.

Jika ditotal dari seluruh klub di dunia, Persib Bandung menempati urutan ke-23. Pangeran Biru unggul dua posisi dari klub asal Italia, AS Roma, dan River Plate asal Argentina. Sementara peringkat pertama ditempati oleh klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Persib Bandung

Di level Asia, Persib Bandung unggul jauh dari klub asal China, Guangzhou Evergrande. Klub yang saat ini diasuh oleh legenda sepakbola Italia, Fabio Cannavaro, itu berada di peringkat ke-38 dengan total 7 juta pengikut di seluruh media sosial.

Klub asal Indonesia yang menjadi pesaing Persib dalam daftar tersebut adalah Persija Jakarta. Macan Kemayoran menempati peringkat ke-55 dengan total pengikut 5 juta orang di media sosial.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini