nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Zico Ungkap Arti Nomor Punggung 10 di Timnas Brasil

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Sabtu 05 Januari 2019 00:07 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 01 04 51 2000187 zico-ungkap-arti-nomor-punggung-10-di-timnas-brasil-juUHLLvFEO.jpg Neymar da Silva (Foto: Reuters)

BRASILIA – Brasil merupakan salah satu negara yang memiliki budaya sepakbola yang kuat. Itulah mengapa sebagian besar masyarakat Brasil bercita-cita untuk bisa menjadi pesepakbola profesional dan mengenakan seragam tim nasional. Kendati begitu, nyatanya bagi masyarakat Brasil, untuk bisa mengenakan nomor punggung 10 di tim nasional memiliki arti khusus.

Hal itu disampaikan oleh legenda sepakbola Brasil, Zico. Ia menjelaskan bahwa nomor punggung 10 di Timnas Brasil sangat identik dengan Pele. Seperti diketahui, Pele merupakan legenda besar sepakbola Brasil. Pele adalah sosok yang paling berjasa dalam mengantarkan Brasil meraih gelar juara dunia untuk pertama kalinya, yakni di tahun 1958.

(Baca juga: 5 Pemain Brasil yang Bela Negara Lain, Nomor 1 Paling Bersinar)

Pele

Sejak saat itu, sejarah sepakbola Brasil pun dimulai. Bersama Pele, Brasil total meraih tiga gelar juara dunia. Itulah mengapa mengenakan nomor punggung 10 di Timnas Brasil kerap dikaitkan dengan tanggung jawab untuk mengantarkan Selecao menjadi juara dunia. Hal itu pun dipandang Zico sebagai sebuah masalah karena para pemain yang mengenakan nomor 10 akan terbebani dengan tugas tersebut dan nama besar Pele.

“Itu bukanlah jersey tim Brasil, itu adalah jersey Pele, pemain terbesar dalam sejarah sepakbola dunia! Dan itulah masalahnya. Tekanannya adalah: semua orang berpikir bahwa siapa yang mengenakan jersey tersebut harus melakukan apa yang telah dilakukan Pele,” jelas Zico, seperti dilansir Goal, Sabtu (5/1/2019).

Rivaldo

“Itu adalah sikap pengecut untuk pemain mana pun! Masalahnya adalah jangan terbawa oleh ini, atau coba membandingkannya dengan ini. Masalahnya adalah membiarkan orang tahu bahwa Anda bermain secara berbeda, dengan cara lain, dan dengan karakteristik berbeda," lanjut Zico.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini