nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Filipina Takluk 1-2 dari Vietnam di Kandang Sendiri

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 02 Desember 2018 21:09 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 12 02 51 1985840 filipina-takluk-1-2-dari-vietnam-di-kandang-sendiri-JF3inMv69v.jpg Timnas Filipina vs Vietnam (Foto: AFF)

BACOLOD CITY – Timnas Filipina harus menelan luka kala ditumbangkan dengan skor tipis 1-2 dalam laga lanjutan leg pertama babak semifinal Piala AFF 2018. Dengan hasil ini, tentunya akan sulit bagi Filipina membalikkan keadaan pada leg kedua, lantaran mereka harus bertandang ke kandang Vietnam.

Jalannya Pertandingan:

Filipan sebenarnya mampu memulai pertandingan dengan apik. Tampil di hadapan publik sendiri, skuad asuhan Sven-Goran Eriksson itu tak segan menekan pertahanan Vietnam. Pada menit kesembilan, Filipina memperoleh peluang mencetak gol melalui Patrick Reichelt yang melepaskan tendangan kaki kiri dari sisi kanan lapangan. Sayangnya, bola sepakan Reichelt masih menyamping.

Alih-alih berusaha mencari gol cepat, Filipina justru harus kebobolan di menit ke-12. Vietnam mencetak gol melalui Nguyen Anh Duc yang melakukan sundulan tajam usai menerima umpan silang dari Doan Van Hau. Para pemain Filipina sontak terkejut karena kini mereka tertinggal 0-1 dari Vietnam.

Tak ingin dipermalukan di hadapan publik sendiri, Filipina mencoba bangkit guna mencari gol penyeimbang. Di menit ke-36, kubu tuan rumah memperoleh peluang emas kala Carlos Alberto Olaivar Martínez de Murga melakukan sundulan dari bagian tengah kotak penalti. Akan tetapi, bola sundulan Carlos masih melebar ke sisi kanan gawang Vietnam.

Gol penyeimbang yang diinginkan Filipina baru tercipta di menit ke-45+2. Reichelt kali ini berhasil mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan tendangan keras dari jarak dekat yang tak bisa dibendung penjaga gawang Vietnam. Babak pertama pun berakhir dengan skor sama kuat 1-1.

Memasuki babak kedua, Vietnam langsung tancap gas membangun serangan. Tak ayal, baru tiga menit babak kedua berjalan, tim tamu sudah bisa mencetak gol. Adalah Phan Van Duc yang membuat Vietnam kembali unggul melalui sepakan kaki kananya dari tengah kotak penalti. Skor berubah 2-1 untuk keunggulan Vietnam dan hasil ini bertahan hingga wasit meniup peluit panjang.

Susunan Pemain:

Filipina: Falkesgaard, Steuble, Alvaro Silva, Martinez de Murga, Reed, Schrock, Bedic, Manuel Ott, Ingreso, Reichelt, Phil Younghusband

Vietnam: Dang Van Lam, Nguyen Trong Hoang, Do Duy Manh, Tran Dinh Trong, Que Ngoc Hai, Doan Van Hau, Nguyen Quang Hai, Do Hung Dung, Pham Duc Huy, Phan Van Duc, Nguyen Anh Duc

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini