nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ini yang Disiapkan Malaysia Jelang Hadapi Vietnam di Final Piala AFF

Antara, Jurnalis · Jum'at 14 Desember 2018 18:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2018 12 14 51 1991381 ini-yang-disiapkan-malaysia-jelang-hadapi-vietnam-di-final-piala-aff-L8Ycol3JAF.jpg Malaysia saat bertemu Vietnam di leg I final Piala AFF 2018. (Foto: AFF)

HANOI -  Tim Nasional (Timnas) Malaysia membutuhkan kekuatan mental dan fisik untuk menghadapi pertandingan leg II final Piala AFF 2018 melawan tuan rumah Vietnam, Sabtu 15 Desember 2018. Hal itu diungkapkan pelatih Timnas Malaysia, Tan Cheng Hoe.

"Para pemain perlu persiapan mental dan fisik untuk menghadapi tantangan tersebut," kata Cheng Hoe mengutip dari laman resmi AFC, Jumat (14/12/2018).

Timnas Malaysia

Menurut Cheng Hoe, timnya perlu mencetak gol lebih dulu untuk memberi kepercayaan diri melawan Vietnam yang dipastikan bakal mendapat dukungan penuh dari penonton. Hasil2-2 pada leg I, membuat Malaysia harus memetik kemenangan atau seri dengan skor lebih produktif (3-3 dan seterusnya) agar bisa memenangi Piala AFF tahun ini.

"Kami ibarat harus mendaki gunung di Hanoi. Tentu saja masih ada peluang, seperti ketika kami terhindar dari kekalahan pada leg I. Tapi, itu bisa dicapai jika para pemain bisa menunjukkan kemampuannya 100 persen," katanya.

BACA JUGA: Malaysia Tahan Vietnam di Final Leg 1 Piala AFF 2018

Sementara itu, pemain senior Vietnam Nguyen Anh Duc mengatakan bahwa ia siap memainkan perannya untuk membawa timnya meraih Piala AFF 2018. Pada final leg I, pemain berusia 33 tahun itu tidak ditampilkan oleh pelatih Park Hang-seo karena alasan teknis.

Saat itu, striker yang ditampilkan mendapat kritik karena banyak menyia-nyiakan peluang sehingga Vietnam gagal memetik kemenangan meskipun sempat unggul 2-0. Namun, menurut dia, wajar jika rekan-rekannya sering kehilangan peluang karena dalam pertandingan final seperti itu semua pemain juga merasa stres.

"Sebagai pemain yang lebih tua, adalah tanggung jawab saya untuk membantu rekan-rekan saya agar tidak terlalu memikirkan pertandingan yang telah lalu. Kini kami perlu fokus memikirkan pertandingan leg II," katanya.

Timnas Vietnam

Menurut Ahn Duc, pertandingan esok akan berbeda dengan ketika mereka mampu mengalahkan Malaysia 2-0 di babak penyisihan grup.Sekadar diketahui, Malaysia dan Vietnam juga bertemu di fase grup. Saat itu Vietnam menang 2-0 atas Malaysia.

"Kali ini Malaysia perlu mencetak gol, mereka akan tampil dengan motivasi yang tinggi, jadi kami perlu memastikan bahwa kami harus membuat mereka dalam tekanan," tambahnhya.

(Ram)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini