nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hasil Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina di Piala AFF 2018

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Minggu 25 November 2018 20:59 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 11 25 51 1982634 hasil-pertandingan-timnas-indonesia-vs-filipina-di-piala-aff-2018-eWAMeF6Sn7.jpg Timnas Indonesia (Foto: AFF)

JAKARTA – Tim nasional (Timnas) Indonesia menutup pertandingan terakhir mereka di ajang Piala AFF 2018 dengan hasil imbang 0-0 melawan Filipina. Baik Indonesia dan Filipina sebenarnya sama-sama memperoleh cukup banyak peluang emas. Akan tetapi, penyelesaian akhir yang kurang apik membuat papan skor tak kunjung berubah.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama:

Meski laga ini sudah tidak menentukan lagi bagi Indonesia, namun Tim Garuda tetap bermain dengan semangat tinggi untuk meraih kemenangan. Baru empat menit laga berjalan Indonesia sudah langsung menebar ancaman. Berawal dari sepak pojok yang dilepaskan Riko Simanjuntak, bola melambung di atas kotak penalti Filipina dan coba disambut oleh Hansamu Yama dengan tandukannya. Sayannya, kepala Hansamu masih belum menyentuh bola.

Dua menit berselang, Indonesia kembali meraih peluang emas. Kali ini Riko mengirimkan umpan silang dari sisi kanan lapangan yang diarahkan menuju kotak penalti Filipina. Bola sebenarnya mengarah kepada Andik Vermansyah. Akan tetapi, meskipun sudah melompat Andik tak mampu menggapai tingginya bola dari Riko.

Timnas Indonesia

Memasuki menit ke-13, Indonesia kembali menekan pertahanan Filipina. Putu Gede mengirimkan umpan lambung ke dalam area pertahanan Filipina. Kali ini bola disambut oleh Stefano Lilipaly. Kendati demikian, sepakan pemain naturalisasi itu masih melambung.

Di sisi lain, Filipian bukannya tampil pasif atau tidak memiliki peluang sama sekali. Hanya saja, sama seperti Indonesia, penyelesaian akhir dari para pemain Filipina juga masih tidak begitu baik sehingga belum mampu merobek jala gawang Andritany Ardhyasa. Seperti yang terjadi di menit ke-28 kala sepakan pemain Filipina yang melengkung indah masih bisa ditepis Andritany.

Pada menit ke-42, kemelut sempat terjadi di muka gawang Indonesia usai Filipina memperoleh sepak pojok. Akan tetapi, pemain Indonesia masih bisa menyapu bersih bola keluar dari area pertahanan mereka. Pada akhirnya, babak pertama pun usai dengan skor sama kuat 0-0.

Babak Kedua:

Pada awal babak kedua, Filipina langsung tampil menyerang. Maklum saja, pasalnya The Azkals membutuhkan kemenangan untuk memastikan diri lolos dari Grup B. Patrick Alcala Reichelt melepaskan umpan ke dalam kotak penalti Indonesia. Akan tetapi, bola masih bisa dihalau keluar oleh Fachruddin.

Indonesia sendiri tetap berussaha tampil menyerang. Di menit ke-51 Riko melepaskan umpan terobosan kepada Lilipaly yang berdiri bebas. Hanya saja, wasit lekas mengangkat bendera karena Lilipaly sudah berada dalam posisi off-side.

Timnas Indonesia vs Filipina

Di menit ke-60, Andritany melakukan penyelamatan gemilang. Stephan Schrock dengan apik mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti Indonesia. Manuel Ott yang lepas dari penjagaan lekas menyambutnya dengan sepakan lembut. Akan tetapi, Andritany masih mampu menepis sepakan Ott tersebut dengan gemilang.

Tekanan bagi Indonesia terus berlanjut. Satu menit berselang, giliran Daisuke Sato yang hampir membobol gawang Indonesia. Tendangan spekulatif Sato dari jarak jauh melengkung indah menuju gawang Indonesia. Meski demikian, lagi-lagi Andritany mampu melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis bola yang meluncur deras tersebut.

Memasuki menit ke-74, Indonesia mendapatkan peluang melalui Zulfiandi. Bola yang jatuh di kakinya, langsung dieksekusi menjadi tendangan jarak jauh. Kendati demikian, laju bola masih bisa diblok oleh lini pertahanan Filipina.

Di menit ke-88, Indonesia hampir kebobolan. Ott melepaskan tembakan bebas yang mengarah langsung ke gawang Indonesia. Akan tetapi, Andritany masih mampu melakukan penyelamatan. Pertandingan pada akhirnya usai dengan skor sama kuat 0-0.

Susunan Pemain:

Indonesia: 26 Andritany Ardhiyasa, 2 Putu Gede Juniantara, 23 Hansamu Yama, 16 Fachruddin Aryanto, 14 Rizki Rezaldi Pora, 4 Zulfiandi, 6 Evan Dimas, 21 Andik Vermansah, 10 Stefano Lilipaly, 26 Riko Simanjutak, 9 Alberto Goncalves

Filipina: 15 Micheal Aksel Bataican Falkesgaard, 3 Carlos Alberto, 11 Daisuke Sato, 21 Martin Steuble, 33 Alvaro Linares Silva, 8 Manuel Ott, 17 Stephan Schrock, 36 John Patrick Strauss, 10 Phil Younghusband, 26 Jovin Hervas Bedic, 19 Patrick Alcala Reichelt

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini