Ini Calon Lawan Timnas Indonesia U-19 dari Grup B

Avirista Midaada, Jurnalis · Senin 09 Juli 2018 06:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 07 09 51 1919705 ini-calon-lawan-timnas-indonesia-u-19-dari-grup-b-Z76W2V8NOC.jpg Timnas Indonesia U-19 (Foto: Antara)

SURABAYA – Timnas Indonesia U-19 dipastikan memperoleh satu tiket lolos ke semifinal Piala AFF 2018. Anak asuh Indra Sjafri itu kukuh di puncak klasemen sementara Grup A Piala AFF U-19 dengan raihan 12 poin dari empat laga yang dilakoni. Thailand menguntit di posisi kedua dengan 10 poin, disusul Vietnam yang selisih tiga angka dari tim berjuluk Gajah Putih itu.

Dengan hasil itu, Timnas Indonesia U-19 hanya memerlukan hasil imbang melawan Thailand untuk menggenggam status sebagai juara Grup A. Di semifinal, jika meraih juara grup, Timnas Indonesia U-19 akan menantang runner-up grup B.

Di grup B sendiri, Myanmar berhasil mengambil alih puncak klasemen dari Malaysia setelah Myanmar menang besar 7-1 atas Brunei Darussalam pada laga yang berlangsung Minggu 8 Juli 2018 di Stadion Joko Samudro, Gresik.

Di sisi lain, Malaysia  yang bermain menghadapi Timor Leste hanya bisa bermain dengan skor akhir 1-1, di tempat yang sama. Alhasil, kedua tim, yakni Myanmar maupun Malaysia, sama–sama mengumpulkan tujuh poin dari dua kali menang dan sekali imbang.

Timnas Indonesia vs Timnas Vietnam (Foto: Okezone/Avirista Midaada)

Akan tetapi, karena Myanmar memiliki selisih gol lebih baik, Malaysia harus rela digeser ke posisi kedua. Sementara di posisi ketiga, ada Timor Leste dengan raihan lima poin. Di laga terakhir grup B, Kamboja akan menghadapi Timor Leste, dan Malaysia akan menghadapi Myanmar pada Selasa 10 Juli 2018.

BACA JUGA: Indra Sjafri Isyaratkan Rotasi Pemain Timnas Indonesia U-19 di Laga Kontra Thailand

Bila laga Malaysia kontra Myanmar berlangsung imbang, Myanmar dipastikan keluar sebagai juara grup B dan Malaysia sebagai runner-up. Sementara itu, bila Malaysia kalah atas Myanmar sedangkan di pertandingan lain Timor Leste mampu menang lawan Kamboja, maka Timor Leste akan menjadi runner-up grup menggusur Malaysia dengan raihan delapan poin, sedangkan Malaysia berada di posisi ketiga dengan tujuh poin.

Akan tetapi, bila Malaysia meraih kemenangan atas Myanmar, Malaysia dipastikan bakal menjadi juara grup B. Jadi kemungkinan besar, jika Timnas Indonesia U-19 mampu menjadi juara grup A, mereka akan menghadapi runner-up Grup B yang diisi antara Myanmar, Malaysia, maupun Timor Leste. Laga semifinal Piala AFF U-19 sendiri akan berlangsung pada Kamis 12 Juli 2018 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini