nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

3 Pemain yang Tampil Mengejutkan di 3 Piala Dunia Terakhir

Ramdani Bur, Jurnalis · Selasa 12 Juni 2018 19:03 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 06 12 51 1909756 3-pemain-yang-tampil-mengejutkan-di-3-piala-dunia-terakhir-OviO9PAjhA.jpg Podolski pemain muda terbaik di Piala Dunia 2006. (Foto: AFP/Valery Hache)

PIALA Dunia merupakan turnamen yang sangat dinantikan banyak pesepakbola di muka bumi. Sebab, turnamen ini hanya berlangsung empat tahun sekali. Selain itu, jika mampu membawa sang negara menjadi kampiun, besar peluang bagi si pemain untuk keluar sebagai pemain terbaik dunia.

Akan tetapi, ketika Piala Dunia bergulir, tak jarang muncul pesepakbola yang tidak disangka-sangka menyeruak tampil menakjubkan. Setidaknya di tiga Piala Dunia terakhir (2006, 2010 dan 2014), ada tiga pemain yang tampil luar biasa, meski sebelumnya tidak diperhitungkan.

Pada Piala Dunia 2006 muncul nama Lukas Podolski bersama Timnas Jerman. Sebelum Piala Dunia 2006 bergulir, Podolski tidak terlalu diperhitungkan. Sebab selain baru berusia 21 tahun, pemilik tendangan keras itu hanya membela klub medioker Jerman, FC Koln.

Lukas Podolski

(Podolski bersinar bersama Jerman di Piala Dunia 2006. Foto: AFP)

Tidak disangka-sangka, Podolski sanggup mencetak tiga gol dari tujuh penampilan bersama Jerman di Piala Dunia. Ia bahkan memborong semua gol Jerman saat mengalahkan Swedia 2-0 di fase grup. Berkat pencapaian itu, Podolski pun berhak meraih predikat pemain muda terbaik Piala Dunia 2006. Jerman pun finis di posisi tiga pada Piala Dunia 2006.

BACA JUGA: Misi Muller Keluar sebagai Top Skor Piala Dunia Sepanjang Masa

Selanjutnya ialah Diego Forlan bareng Uruguay di Piala Dunia 2010. Forlan terlihat mampu “berteman akrab” dengan bola resmi Piala Dunia 2010, Jabulani. Terbukti, beberapa kali tembakan jarak jauh Forlan mengoyak jala gawang lawan.

Diego Forlan

(Forlan pemain terbaik Piala Dunia 2010. Foto: AFP)

Sepanjang turnamen, Forlan mencetak lima gol dari tujuh pertandingan dan berhak keluar sebagai pemain terbaik. Berkat performa brilian Forlan, La Celeste –julukan Uruguay– finis di posisi empat Piala Dunia 2010.

Terakhir ialah James Rodriguez bareng Timnas Kolombia. Di Liga Prancis 2013-2014, James memang mampu mencetak sembilan gol dan 13 assist dari 34 penampilan bersama AS Monaco. Akan tetapi, tak ada yang menyangka mantan suami Daniela Ospina itu tampil luar biasa di Piala Dunia 2014.

James Rodriguez

(James top skor Piala Dunia 2014. Foto: AFP)

Hanya dari lima penampilan, James mencetak enam gol dan keluar sebagai top skor turnamen. Hebatnya, di setiap laga yang dilakoni, James selalu mencetak gol. Jika langkah Kolombia tidak terhenti di perempatfinal, besar kemungkinan pundi-pundi golnya akan terus bertambah.

Karena itu, jangan heran jika pada gelaran Piala Dunia 2018 nanti, ada pemain yang tidak terlalu tersohor, namun mampu tampil mencuat. Hal itu tidak mengherankan. Sebab karena tidak terekspos oleh media, pemain-pemain bertipe seperti itu mampu fokus dan ujung-ujungnya dapat tampil lebih maksimal ketimbang pesepakbola-pesepakbola top yang mendapat porsi khusus dari para kuli tinta.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini