nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Perbaikan yang Wajib Dilakukan Man United Musim Depan, Nomor 3 Faktor Usia

Ezha Herdanu, Jurnalis · Selasa 13 Maret 2018 18:18 WIB
https: img.okeinfo.net content 2018 03 13 45 1872180 5-perbaikan-yang-wajib-dilakukan-man-united-musim-depan-nomor-3-faktor-usia-NnkSUQIF4q.jpg Para pemain Manchester United (Foto: REUTERS)

KIPRAH Manchester United dalam melakoni kampanye mereka di musim 2017-2018 sejatinya tidak bisa dikatakan sangat buruk. Terlebih klub berjuluk Setan Merah tersebut masih memiliki kans meraih treble winners di musim ini, yakni Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala FA.

Akan tetapi mungkin hanya  ajang yang terakhir disebutkan yang masih mungkin didapatkan Man United musim ini. Pasalnya hingga Liga Inggris telah melalui 30 laga, Man United masih tertinggal 16 poin dari seteru abadinya, yakni Manchester City.

Sementara di Liga Champions 2017-2018, Man United masih harus bersaing dengan sejumlah klub papan atas seperti Bayern Munich, Real Madrid, Juventus, dan Barcelona –jika lolos dari hadangan Chelsea. Jadi Praktis hanya Piala FA saja yang kans untuk diraih Man United paling besar saat ini.

Akan tetapi dengan “kebiasaan” para pendukung Man United yang kerap dimanjakan dengan sejumlah titel bergenggsi saat masih era Sir Alex Ferguson, wajar jika Piala FA nampaknya takkan cukup untuk memuaskan dahaga mereka akan gelar juara.

Maka dari itu, Man United pun diwajibkan untuk melakukan sejumlah pembenahan untuk bisa tampil lebih baik lagi pada musim depan. Setidaknya ada lima hal yang wajib dilakukan oleh manajemen Man United pada musim depan.

Berikut lima perbaikan yang wajib dilakukan oleh Man United pada musim depan:

5. Memiliki Kedalam Skuad yang Memadai

(Foto: REUTERS)

Ketika Man United masih diarsiteki oleh Ferguson, mereka memang dikenal sebagai klub yang memiliki perbedaan kekuatan antara tim inti dan cadangan yang tak terlalu jauh. Jadi, ketika salah satu pemain dari skuad utama berhalangan hadir entah menerima akumulasi kartu kuning atau cedera, bakal ada pemain berkualitas lainnya yang menggantikan.

Akan tetapi dalam beberapa musim terakhir, hal serupa tidak pernah terjadi lagi di skuad Man United. Perbedaan antara skuad utama dengan tim cadangan sangat terlihat jelas. Sehingga ketika tim ‘kedua’ Man United kerap mendapatkan beberapa hasil negatif.

Sementara di tim utama pun, Man United sebenarnya juga memiliki sejumlah sektor yang harus dibenahi, terutama pada posisi fullback. Yang mana sejumlah pemain yang mengisi posisi tersebut memang acap kali tampil tak terlalu menjanjikan.

4. Segera Menemukan Solusi terkait Masalah Paul Pogba

(Foto: REUTERS)

Sejak memutuskan kembali memperkuat Man United dari Juventus pada musim panas 2016, penampilan Paul Pogba memang tak terlihat menjanjikan. Padahal manajemen Man United harus rela merogoh kocek sedalam juta 89 pounds atau sekira Rp1.4 triliun untuk membawanya pulang.

Mandeknya performa Pogba pun memaksa manajer Man United, Jose Mourinho, untuk memarkirnya dalam sejumlah laga ini. Bukannya menyelesaikan masalah, hal itu justru membuat Pogba kini semakin kencang digosipkan masa depannya di Old Trafford Stadium.

Agar bisa tampil lebih baik lagi pada musim depan, Man United pun berkewajiban untuk bisa menemukan solusi terkait masalah yang dihadapi oleh Pogba saat ini. Terlebih sebagaimana diketahui, Pogba sendiri adalah salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini.

3. Mendapatkan Pemain Berposisi Fullback yang Muda dengan Performa Luar Biasa

(Foto: REUTERS)

Seperti yang dibahas pada nomor lima, posisi fullback memang menjadi masalah yang harus segera dibenahi oleh Mourinho selaku juru taktik Man United, jika ingin melihat klub arahannya itu lebih berprestasi pada musim depan.

Pasalnya dua dari empat fullback yang saat ini dimiliki Man United sendiri memang sudah berumur tak muda lagi macam Antonio Valencia dan Ashley Young, yang mana kedua sudah sama-sama berusia 32 tahun.

Wajib hukumnya bagi Man United menemukan sosok pemain yang mampu tampil menjanjikan pada setiap laganya di posisi fullback pada musim depan. Terlebih, posisi ini sebenarnya memiliki peran yang sangat besar jika dilihat dari formasi yang kerap diterapkan Man United, yakni 4-5-1 atau 4-3-3.

2. Menemukan Pemain Bertahan yang Tangguh

(Foto: REUTERS)

Selain fullback, Man United juga memiliki masalah yang cukup pelik pada posisi bek tengah. Sejumlah nama seperti Chris Smalling, Phil Jones, Victor Lindelof, Marcos Rojo hingga Eric Bailly, hanya nama terakhir disebutkan yang bermain cukup menjanjikan di setiap laganya.

Padahal beberapa tahun lalu, Man United sendiri dikenal sebagai klub dengan pertahanan yang sangat tangguh pada duet Rio Ferdinand dan Nemanja Matic. Kini Man United harus bisa setidaknya memiliki pemain yang berkarakter seperti salah satu dari dua nama legendaris tersebut di lini pertahanan mereka musim depan.

Ya, Man United sendiri memang santer dikait-kaitkan dengan sejumlah nama pemain bertahan berkualitas macam Raphael Varane atau Samuel Umtiti. Akan tetapi mengingat klub yang dibela keduanya, yakni Real Madrid dan Barcelona, sulit bagi Man United menggodanya hengkang.

1. Masalah Performa Alexis Sanchez

(Foto: REUTERS)

Man United memang disebut-sebut melakukan transfer terbaik dengan rela kehilangan Henrikh Mkhitaryan demi bisa bertukar pemain Arsenal, yakni Alexis Sanchez, pada bursa transfer musim dingin 2018. Bahkan Man United tak mengeluarkan uang sepersen pun untuk terlibat dalam negosiasi itu.

Hanya saja, Man United harus rela memberikan gaji sebesar 500 ribu pounds atau sekira Rp9.3 miliar. Yang mana menjadikan Sanchez sebagai pemain dengan bayaran tertinggi di sepanjang sejarah Liga Inggris.

Namun sayangnya gaji besar tersebut tak terbayarkan dengan performa Sanchez. Pasalnya sejak debut hingga melalui enam pertandingan sebagai pemain Man United, Sanchez hanya mampu menyumbangkan masing-masing satu gol dan satu assist untuk Setan Merah.

Padahal ketika masih berseragam Arsenal, Sanchez merupakan salah pemain dengan catatan gol yang cukup menjanjikan. Dan demi memperbaiki raihan mereka di musim depan, sudah sepatutnya Man United bisa mendapatkan sesuatu hal yang lebih dari seorang Sanchez.

1 / 5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini