Image

Liverpool Pesta Gol 5-0 ke Gawang FC Porto

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Kamis 15 Februari 2018 05:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2018 02 15 261 1859834 liverpool-pesta-gol-5-0-ke-gawang-fc-porto-aGexdfkdcH.jpg Para pemain Liverpool melakukan selebrasi (Foto: AFP)

PORTO – Liverpool berpesta gol dengan skor 5-0 kala bertandang ke markas FC Porto dalam lanjutan leg pertama babak 16 besar Liga Champions 2017-2018. Sadio Mane menjadi bintang dalam laga ini lantaran mencetak hattrick, yang mana pertama baginya di ajang Liga Champions.

Laga dimulai dengan serangan yang lebih dulu dibangun oleh kubu tuan rumah. Pada menit kesembilan, Porto menciptakan kemelut di muka gawang Liverpool. Sayangnya hal tersebut masih belum berbuah gol karena sepakan Otavinho masih membentur kaki Dejan Lovren dan membuat bola mengarah ke atas gawang.

Pada menit-menit berikutnya, Porto tetap mendapat kesempatan menyerbu pertahanan Liverpool. Namun tetap upaya mereka tak ada yang berujung gol. Justru sebaliknya, pada menit ke-25, Liverpool lah yang mencuri keunggulan dan menjadi awal dari mimpi buruk Porto.

Wijnaldum mendapatkan bola di kotak penalti Porto, ia mencoba menendangnya namun membentur tubuh bek tim tuan rumah. Bola pun diserahkan kepada Sadio Mane yang berada di dekatnya. Dengan sigap Mane melepaskan tembakan yang membobol gawang Porto. Bola sebenarnya sempat ditepis Jose Sa, namun saking kerasnya, bola pun tetap meluncur ke dalam gawang. 1-0 Liverpool memimpin.

Enam menit berselang, Livepool pun menggandakan keunggulannya. Berawal dari tendangan keras James Milner yang membentur tiang gawang, bola jatuh tepat di kaki Salah. Meski Jose Sa sempat ingin menyerobot bola tersebut, namun Salah lekas melakukan juggling yang mengecoh sang penjaga gawang dan kemudian baru menendangnya ke dalam gawang. Liverpool pun unggul 2-0.

Gol ketiga Liverpool terjadi di babak kedua, tepatnya di menit ke-53. Roberto Firmino melepaskan tendangan dari tengah kotak penalti yang kemudian dapat ditepis Jose Sa. Namun sialnya, bola tepisan tersebut jatuh di kaki Mane. Winger yang mampu berlari cepat itu pun lekas mengujamkan si kulut bundar ke dalam gawang Porto. Skor kini menjadi 3-0.

Unggul tiga gol membuat Liverpool bermain penuh percaya diri. Hasilnya, di menit ke-69 mereka semakin membenamkan kubu tuan rumah. Kali ini giliran Firmino yang mencatatkan namanya di papan skor usai menerima umpan datar kreasi Milner. Berdiri bebas tanpa pengawalan, Firmino mudah saja menendang bola ke dalam gawang Porto. 4-0 Liverpool memimpin.

Di menit ke-85, Mane membuat pendukung Porto semakin menekuk wajahnya. Pasalnya ia melesakkan hattrick perdananya di Liga Champions pada laga ini. Menerima sodoran umpan Dani Ings, Mane langsung menyergapnya dengan sepakan penuh keyakinan yang pada akhirnya membuat Liverpool unggul 5-0.

Pertandingan pun usai dengan kemenangan besar Liverpool 5-0 atas Porto. Dengan hasil ini, The Reds seolah telah menjejakkan satu kakinya di babak perempatfinal. Pasalnya, pada leg kedua nanti akan dimainkan di markas Liverpool, Anfield Stadium.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini