nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

5 Transfer Pemain Termahal pada Januari 2018

Ramdani Bur, Jurnalis · Kamis 01 Februari 2018 13:18 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2018 02 01 45 1853152 5-transfer-pemain-termahal-pada-januari-2018-nNOAcN2CtL.jpg Aubameyang pemain baru Arsenal. (Foto: Laman resmi Arsenal)

BURSA Transfer pemain musim dingin 2018 baru saja ditutup pada Rabu 31 Januari. Di hari penutupan itu, banyak kesepakatan yang melibatkan nama-nama besar. Sebut saja Pierre-Emerick Aubameyang yang pindah ke Arsenal, Olivier Giroud (Chelsea), Lucas Moura (Tottenham Hotspur) dan Michy Batshuayi (Borussia Dortmund).

Bahkan kesepakatan bisa semakin mewah andai Riyad Mahrez jadi hengkang ke Manchester City. Namun, pihak Leicester City menilai tawaran 60 juta pounds atau sekira Rp1,14 triliun yang diajukan Man City kurang tinggi. Alhasil, Mahrez paling tidak bertahan di King Power Stadium hingga akhir musim ini.

Terlepas dari itu, meski tajuknya hanya transfer tengah musim, banyak kesepakatan mewah tersaji. Dibilang mewah karena kesepakatan terjadi di atas 50 juta pounds. Siapa saja?

Berikut 5 transfer pemain termahal pada Januari 2018:

5. Pierre-Emerick Aubameyang (57,38 juta pounds – Rp1,09 triliun)

(Foto: Laman resmi Arsenal)

Arsenal mendapatkan pemain yang mereka idam-idamkan sejak dulu, yakni Aubameyang. Untuk mendaratkan penyerang berusia 28 tahun itu, The Gunners –julukan Arsenal– mengeluarkan 57,38 juta pounds atau sekira Rp1,09 triliun. Aubameyang pun tercatat sebagai pemain termahal yang pernah didaratkan Arsenal.

Kehadiran Aubameyang sangat dibutuhkan Arsenal untuk menambah daya gedor mereka. Hingga Liga Inggris 2017-2018 memasuki pekan 25, Arsenal baru mencetak 46 gol alias tak mampu menggapai rata-rata dua gol per pertandingan. Karena itu, Aubameyang wajib menaikkan produktivitas gol Arsenal, sekaligus membalas harga mahal yang dimiliki.

4. Aymeric Laporte (Rp58,5 juta pounds – Rp1,11 triliun)

(Foto: Laman resmi Manchester City)

Man City sebenarnya memiliki pertahanan rapat musim ini. Dari 25 laga di Liga Inggris 2017-2018, gawang The Citizens hanya kemasukan 18 kali. Namun, pelatih Man City Josep Guardiola menilai timnya membutuhkan tambahan pemain di sektor pertahanan.

Hal itu karena Vincent Kompany sering terkena cedera, sedangkan John Stones kerap tampil inkonsisten. Bisa dibilang hanya Nicolas Otamendi yang dapat diandalkan. Karena itu, mereka pun mendatangkan Laporte dari Athletic Bilbao seharga Rp1,11 triliun. Laporte pun saat ini tercatat sebagai bek termahal yang pernah didatangkan Man City.

3. Diego Costa (Rp59,4 juta pounds – Rp1,12 triliun)

(Foto: REUTERS/Sergio Perez)

Costa didatangkan Atletico dari Chelsea seharga Rp1,12 triliun. Hal ini bukanlah yang pertama bagi Costa membela Los Colchoneros –julukan Atletico. Sebelumnya dalam kurun 2007-2014, Costa sempat berseragam Atletico, meski pernah juga dipinjamkan ke beberapa klub di periode tersebut.

Setelah dilepas ke Chelsea pada 2014, Costa kembali ke Atletico pada awal tahun ini. Costa pun langsung menunjukkan kepantasannya dihargai mahal. Dari lima penampilan di semua kompetisi, Costa telah mencetak tiga gol bagi tim asuhan Diego Simeone.

2. Virgil van Dijk (70,9 juta pounds – Rp1,34 triliun)

(Foto: REUTERS/Carl Recine)

Liverpool membutuhkan pemain yang dapat memperbaiki kerusakan di pertahanan mereka. Karena itu, The Reds –julukan Liverpool– tak segan menebus Van Dijk dari Southampton dengan harga fantastis, yakni 70,9 juta pounds atau sekira Rp1,34 triliun.

Sejauh ini Van Dijk memang belum memberikan performa terbaik bagi tim asuhan Jurgen Klopp. Namun, tak adil langsung memvonis Van Dijk sebagai pembelian gagal, mengingat ia baru mentas di tiga pertandingan.

1. Philippe Coutinho (108 juta pounds – Rp2,05 triliun)

(Foto: AFP/Josep Lago)

Coutinho merupakan roh permainan Liverpool, terhitung sejak paruh kedua musim 2012-2013. Meski begitu, The Reds –julukan Liverpool– tak bisa menahan Coutinho ketika gelandang berpaspor Brasil itu ingin meninggalkan Anfield.

Coutinho memang akhirnya meninggalkan Liverpool untuk gabung Barcelona. Namun, Liverpool menjual Coutinho dengan harga yang sangat mahal, yakni 108 juta pounds atau sekira Rp2,05 triliun. Harga pesepakbola berusia 25 tahun itu masih bisa bertambah asalkan dapat mencapai beberapa catatan individu bersama Barcelona.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini