Share

5 Pemain yang Sepanjang Karier Hanya Bela Man United, Nomor 1 Paling Sukses

Ramdani Bur, Okezone · Rabu 27 Desember 2017 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2017 12 27 45 1836271 5-pemain-yang-sepanjang-karier-hanya-bela-man-united-nomor-1-paling-sukses-QuZs6A5txl.jpg Giggs (kanan) pengoleksi caps terbanyak di Man United. (Foto: AFP)

MANCHESTER United merupakan klub tersukses di Inggris. The Red Devils –julukan Man United– mengoleksi 20 gelar Liga Inggris, unggul dua trofi dari Liverpool yang menduduki posisi dua dengan gelar terbanyak. Sementara itu di Liga Champions, Man United juga salah satu yang tersukses.

Klub yang bermarkas di Stadion Old Trafford itu meraih tiga trofi. Gelar terakhir disabet pada 2007-2008 setelah di final mengalahkan Chelsea. Melihat sederet prestasi di atas, jelas butuh usaha keras bagi seorang pemain untuk tampil konsisten saat membela Man United.

Jika tak tahan tekanan, bukan tak mungkin mereka akan ditendang karena gagal menjaga performa. Namun, setidaknya ada lima pemain yang mampu tampil konsisten, sehingga sepanjang kariernya hanya berseragam merah United. Siapa saja mereka?

Berikut 5 pemain yang sepanjang karier hanya bela Man United, mengutip dari Sportskeeda:

5. William Anthony Foulkes

(Foto: Sportskeeda)

Foulkes 19 tahun (1951-1970) membela Man United. Dalam periode tersebut, pria yang saat itu beroperasi sebagai tengah memberikan empat trofi Liga Inggris, empat Community Shield, serta masing-masing satu trofi Piala/Liga Champions dan Piala FA.

Selain itu, Foulkes merupakan satu dari beberapa korban selamat kecelakaan pesawat yang membawa personel Man United pada 6 Februari 1958 di Kota Munich, Jerman. Namun, saat ini kita sudah tak bisa melihat sosok Foulkes yang memberikan banyak kesuksesan kepada Setan Merah. sebab pada 25 November 2013, Foulkes meninggal dunia ketika usianya menginjak 81 tahun.

4. Richard Hargreaves Duckworth

(Foto: Sportskeeda)

Hargreaves lahir pada 1882. Ia membela Man United di usia 20 tahun atau pada 1902. Selama 11 tahun ia membela panji Man United.

Hargreaves yang beroperasi sebagai winger kanan mencetak 11 gol dari 264 penampilan. Selama 11 tahun membela Man United, Hargreaves memberikan dua trofi Liga Inggris dan Piala FA bagi The Red Devils.

3. Gary Neville

(Foto: PA)

Neville bisa dibilang salah satu bek kanan terbaik pada masanya. Berstatus pemain jebolan akademi, Neville naik ke tim utama pada 1994 dan membela Man United hingga 2011. Dalam periode itu, Neville tampil di 592 penampilan dengan koleksi tujuh gol dan 30 assist.

Jika tidak sering mengalami cedera, jumlah penampilan Neville diyakini akan lebih banyak. Sementara itu, trofi Liga Inggris jadi yang paling sering diraih kakak dari Phill Neville itu. Tercatat Neville memberikan 10 trofi Liga Inggris.

Selain trofi Liga Inggris, pria yang kini menjadi pandit di Sky Sports itu mempersembahkan dua gelar Liga Champions serta masing-masing tiga trofi Piala FA dan Piala Liga Inggris bagi publik Old Trafford.

2. Paul Scholes

(Foto: AFP)

Scholes satu angkatan dengan Neville. Ia naik ke tim utama pada 1994 dan memutuskan pensiun pada 2011, persis dengan Neville. Namun menjadi unik, karena enam bulan berselang, Ginger Prince –julukan Scholes – menganulir keputusannya untuk pensiun.

Ia comeback membela Man United pada Januari 2012, meski di akhir musim 2011-2012 mereka gagal juara Liga Inggris setelah kalah dramatis dari Manchester City. Semusim berselang, Scholes membalas semuanya. Ia mengantarkan Man United menjadi kampiun Liga Inggris 2012-2013 dengan perolehan 89 angka, unggul 11 poin dari Man City di posisi dua.

Scholes pun menutup kariernya bersama Man United di akhir musim 2012-2013. Selama berseragam Man United, Scholes tampil di 705 pertandingan dengan koleksi 149 gol dan 49 assist. Ia juga mempersembahkan 11 gelar Liga Inggris, empat trofi Piala Liga Inggris, tiga Piala FA dan dua Liga Champions.

1. Ryan Giggs

(Foto: AFP/Olly Greenwood)

Giggs jadi pesepakbola tersukses yang pernah membela Man United. Ia memberikan 13 trofi Liga Inggris, empat trofi Piala FA, Piala Liga Inggris dan dua gelar Liga Champions serta Piala Dunia Klub bagi publik Old Trafford.

Giggs juga tercatat sebagai pesepakbola terlama yang membela Man United, yakni 22 tahun (1991-2013). Selama membela Man United, Giggs tampil di 896 penampilan dengan raihan 155 gol dan 158 assist. Giggs pun tercatat sebagai pesepakbola yang paling banyak membela Manchester Merah.

1
5

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini