Image

Timnas Indonesia Siap Jajal Kekuatan Islandia pada Januari 2018

Nanda Karlita, Jurnalis · Rabu 06 Desember 2017, 17:10 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 12 06 51 1826197 timnas-indonesia-siap-jajal-kekuatan-islandia-pada-januari-2018-C2N5Lhi7JB.jpg Konferensi pers jelang Indonesia vs Islandia. (Foto: Nanda Karlita/Okezone)

JAKARTA - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) telah mengumumkan akan ada laga persahabatan yang dilakoni oleh Tim Nasional (Timnas) Indonesia pada Januari 2018. Islandia menjadi lawan tanding pertama Indonesia di awal tahun mendatang tepatnya pada 11 dan 14 Januari 2018.

Timnas Indonesia akan menjajal kekuatan salah satu tim yang akan berlaga di Piala Dunia 2018 dalam rangka tur Asia-nya setelah sebelumnya datang ke China dan Qatar. Saat bertemu Islandia, Indonesia akan menurunkan dua tim berbeda. Pada 11 Januari nanti, Tim Indonesia Selection akan merasakan kekuatan Aron Gunnarsson dan kolega.

Sementara pada 14 Januari 2017, Timnas Indonesia U-23 dengan ditambah beberapa nama pemain senior yang akan merasakan ketangguhan Islandia. Terpilihnya Indonesia sebagai salah satu tim uji coba Islandia disambut baik oleh PSSI dan perasaan bangga itu disampaikan langsung oleh Deputi Sekjen Pengembangan Bisnis PSSI, Marsal Masita.

Menurut Marshal, kedatangan tim yang berjuluk Our Boys ini menjadi angin segar bagi PSSI yang tengah menjunjung program football development. Bahkan uji coba ini menjadi salah satu ajang latihan bagi Timnas Indonesia yang akan berlaga di Asian Games 2018 sementara bagi Islandia sendiri merupakan ajang latihan bagi mereka untuk menyongsong Piala Dunia 2018.

BACA JUGA: Ingin Dapat Lawan Lebih Menantang, PSSI: Kami Rencanakan Laga Uji Coba Timnas Indonesia vs Islandia

"Kedatangan Islandia tentu sangat positif dan menjadi awal yang baik bagi kami. Kami bisa banyak belajar dari mereka yang telah memastikan diri di Piala Dunia. Apalagi kita tahu bahwa Indonesia akan menyongsong berbagai event multinasional pada tahun depan," ujar Marsal saat konferensi pers, Rabu (6/12/2017).

Selain melakukan pertandingan persahabatan, Islandia dan para ofisial timnya akan mengadakan youth and coaching education kepada pelatih dan juga pemain yang berkecimpung di Timnas Indonesia. Dengan adanya kegiatan tersebut, Marsal berharap para pemain Tanah Air bisa mencontoh strategi tim besutan Heimir Hallgrimsson.

"Kedatangan Islandia tidak hanya fokus pada dua pertandingan saja. Tetapi kami meminta mereka untuk memberikan youth and coaching education di antara jadwal mereka bertanding. Selain itu, kami juga akan meminta mereka untuk berbagi pengalaman mereka dalam proyek football development juga," tambah Marshal.

Jelang laga tersebut, Marshal belum bisa memastikan apakah pertandingan ini akan bisa masuk ke dalam kalender FIFA A Match. Namun pihak PSSI telah melayangkan persetujuan FIFA dan juga AFC (federasi sepakbola tertinggi di Asia) apakah pertandingan tersebut bisa masuk ke dalam kalender FIFA sehingga bisa memengaruhi poin Indonesia dalam ranking dunia FIFA.

(Foto: Tobias Schwarz/AFP)

"Laga ini masih kami belum ketahui apakah bisa masuk kalender FIFA atau tidak. Tapi kami telah melayangkan surat permohonan sehingga nanti validasinya bisa kami dapatkan dari AFC dan UEFA (federasi tertinggi sepakbola di Eropa)," tutupnya.

1 / 2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini