Image

SOCCERPEDIA: Hans Jorg Butt, Kiper dengan Gol Terbanyak di Liga Champions

Ramdani Bur, Jurnalis · Rabu 15 November 2017, 12:28 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 11 15 261 1814374 soccerpedia-hans-jorg-butt-kiper-dengan-gol-terbanyak-di-liga-champions-LCAadxKCCT.jpg Hans Jorg Butt cetak tiga gol di Liga Champions. (Foto: AFP/Andrew Yates)

HANS Jorg Butt bisa dibilang kiper langka. Kiper berpaspor Jerman itu tak hanya piawai menjaga gawangnya dari serangan lawan, namun juga mampu menceploskan si kulit bulat ke jala musuh.

Tercatat dari 612 penampilan di semua ajang, Butt yang mengemas lima caps bersama Timnas Jerman menjaringkan 36 gol! Sebanyak tiga gol di antaranya dicetak mantan penjaga gawang Bayern Munich itu di arena Liga Champions.

Hal itu pun membuat Butt tercatat sebagai kiper dengan gol terbanyak di Liga Champions. Selain Butt, ada Sinan Bolat dan Vincent Enyeama, penjaga gawang yang mencetak gol di Liga Champions. Namun, keduanya hanya mampu menceploskan satu bola.

BACA JUGA: SOCCERPEDIA: Bukan Ronaldo atau Messi, Van Nistelrooy Pencetak Gol Beruntun Terpanjang di Liga Champions

Sekarang yang jadi pertanyaan, klub apa saja yang pernah dibobol Butt? Uniknya, hanya Juventus klub yang dibobol pria yang kini berusia 43 tahun itu. Butt pertama kali melakukannya bersama Hamburg di matchday pertama Grup E Liga Champions 2000-2001. Saat itu berkat gol penalti dari Butt, Hamburg sanggup menahan Juventus 4-4.

Sementara itu satu musim berselang, Butt kembali melakukannya, namun kali ini bersama Bayer Leverkusen. Bertemu Juventus di matchday kelima Grup D (Fase Grup II) Liga Champions 2001-2002, penalti Butt membuka keunggulan Die Werkself –julukan Leverkusen. Alhasil, Leverkusen menang 3-1 dan pada akhirnya finis di posisi dua Liga Champions musim tersebut.

BACA JUGA: SOCCERPEDIA: Peter Ofori-Quaye, Pencetak Gol Termuda di Liga Champions

Selanjutnya, Butt membobol gawang Juventus di matchday keenam Grup A Liga Champions 2009-2010. Saat itu penalti Butt pada menit 30 membuat skor sama kuat 1-1. Sebelumnya, Juventus unggul lebih dulu via David Trezeguet.

Bisa dibilang berkat gol dari Butt itu, mental Die Roten –julukan Bayern– terangkat. Di akhir pertandingan, Bayern menang 4-1 dan lolos ke 16 besar. Sementara itu, Juventus yang kalah harus rela angkat kaki dari Liga Champions. Sementara itu, prestasi terbaik Butt di Liga Champions ialah finis runner-up pada 2001-2002 (Leverkusen) dan 2009-2010 (Bayern)

(Ram)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini