Image

Gagal Berlaga di Piala Dunia 2018, Akhir dari Sebuah Era Timnas Italia

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Selasa 14 November 2017, 06:34 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 11 14 51 1813569 gagal-berlaga-di-piala-dunia-2018-akhir-dari-sebuah-era-timnas-italia-yye0hVZRgD.jpg Timnas Italia (Foto: AFP)

MILAN – Timnas Italia seolah telah berada pada pengujung masanya tatkala gagal menembus babak utama Piala Dunia 2018 usai disingkirkan Timnas Swedia dengan agregat 0-1. Ini merupakan pertama kalinya bagi Italia gagal berlaga di kejuaraan paling bergengsi sejagat itu sejak 1958.

Sesaat setelah gagal mendapat tiket berlaga di Rusia tahun depan, kapten Timnas Italia, Gianluigi Buffon pun mengumukan dirinya pensiun dari tim nasional. Pensiunnya Buffon tersebut semakin menegaskan bahwa Italia kini membutuhkan para pemain muda untuk menciptakan era yang baru lagi.

(Baca juga: Bermain Tanpa Kreativitas, Sebab Italia Gagal Tembus Piala Dunia 2018)

Tak bisa dimungkiri, meski saat ini skuad Timnas Italia cukup banyak dihiasi wajah-wajah muda, namun tim berjuluk Gli Azzurri itu masih mengandalkan nama-nama pemain veteran untuk dijadikan penopang utama. Selain Buffon, Andrea Barzagli yang kini telah menginjak usia 36 tahun pun masih dijadikan pilihan utama untuk mengawal lini pertahanan Italia.

Padahal, dapat dikatakan stok pemain muda berbakat Italia sebenarnya cukup banyak. Di posisi penjaga gawang misalnya, terdapat nama-nama seperti Gianluigi Donnarumma dan Mattia Perin. Sementara di posisi bek, terdapat nama Alessio Romagnoli serta Daniele Rugani.

Begitu pun di posisi lini tengah, di mana Daniele De Rossi, yang sudah tak lagi muda, masih kerap dijadikan pilihan utama. Menyikapi hal tersebut, Barzagli pun mengungkapkan bahwa kini giliran para pemain muda yang harus menciptakan era kegemilangan Italia kembali. Dan memang sudah semestinya, skuad juara dunia Timnas Italia 2006 kini memberikan tongkat estafet kepada para juniornya.

“Ini sangat mengecewakan, saya berharap para pemain muda bisa mengambil alih situasi ini dan melakukan lebih baik dari kami. Era dari empat atau lima pemain veteran telah berakhir, salah satu pemain muda yang lapar datang dan memulai yang baru, begitulah seharusnya,” ujar Barzagli, menukil dari Football Italia, Selas (14/11/2017).

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini