Share
Francisco Gento (Foto: IFFHS)

Soccerpedia: Francisco Gento, Sosok Peraih Trofi Terbanyak Liga Champions sebagai Pemain

Nanda Karlita

Kamis, 22 Juni 2017 - 12:30 wib

AJANG Liga Champions memang selalu menjadi salah satu cara bagi para pesepakbola untuk bisa menunjukkan penampilan terbaiknya. Bahkan, setiap pemain selalu berlomba untuk bisa membawa timnya menjuarai liga antarklub yang paling bergengsi di Eropa tersebut.

Namun di tengah misinya tersebut, tak jarang ada pesepakbola yang mampu menorehkan rekor bagi dirinya sendiri. Sebut saja Francisco Gento yang berhasil mencatatkan namanya sebagai pemain yang paling banyak meraih trofi Liga Champions.

Gento berhasil mengoleksi enam gelar yang dipersembahkannya hanya kepada satu tim yakni Real Madrid. Torehannya tersebut dimulai pada 1956. Kala itu, Los Blancos –julukan Madrid– berhasil mengalahkan Stade Reims (klub asal Prancis).

Raihan trofi tersebut kembali dipersembahkan winger asal Spanyol itu pada 1957 setelah mengalahkan Fiorentina (klub asal Italia). Gento kembali berhasil mempersembahkan piala pada tiga tahun berikutnya secara beruntun. Pada 1958, Madrid juara dengan mengalahkan AC Milan (Italia), lalu pada 1959 Madrid berhasil mengalahkan Stade Reims, dan pada 1960 sukses mengalahkan Eintracht Frankfrut (Jerman).

Sempat gagal meraih trofi pada 1961, Gento kembali berhasil mengantarkan Madrid masuk ke final Liga Champions pada 1962. Sayang, Gento gagal mempersembahkan gelar bagi timnya setelah kalah dari Benfica (Portugal). Kembali gagal masuk ke final pada 1963, mantan pemain sepakbola yang kini berusia 83 tahun itu kembali berhasil mengantarkan Madrid masuk final pada 1964. Sayangnya, mereka tak berhasil menjadi juara karena kalah dari Inter Milan (Italia).

Gelar terakhir yang dipersembahkan Gento diberikannya pada 1966. Kala itu, Madrid berhasil mengalahkan Partizan (Serbia). Gento tak hanya menyabet gelar sebagai pemain terbanyak yang merebut gelar Liga Champions, dirinya juga berhasil menjadi pemain yang tampil paling banyak di final bersama Paolo Maldini di AC Milan.

klasemen
  • Liga Inggris
    Tim Poin
    1 Manchester City 13
    2 Manchester United FC 13
    3 Chelsea FC 10
    4 Newcastle United 9
  • Liga Spanyol
    Tim Poin
    1 FC Barcelona 15
    2 Sevilla 13
    3 Athletic Madrid 11
    4 Valencia CF 9
  • Liga Italia
    Tim Poin
    1 Napoli 15
    2 Juventus 15
    3 FC Internazionale Milano 13
    4 AC Milan 12
  • Liga Jerman
    Tim Poin
    1 Borussia Dortmund 13
    2 FC Bayern Munich 12
    3 Hoffenheim 11
    4 Hannover 96 11