Soccerpedia: Sejarah Berdirinya FIFA

Aditya Wahyutomo , Jurnalis · Rabu 17 Februari 2016 07:02 WIB
https: img.okezone.com content 2016 02 17 51 1313979 soccerpedia-sejarah-berdirinya-fifa-NFdVvh4fhG.jpg Tempat dilangsungkannya pembentukan FIFA (Foto: Situs resmi FIFA)

FEDERASI Sepakbola Dunia (FIFA) adalah badan yang sangat penting di dunia sepakbola. Sebagai induk dari segala organisasi sepakbola di dunia, FIFA memiliki tugas untuk memajukan perkembangan sepakbola dari masa ke masa.

FIFA juga terkenal dengan ajang empat tahunan yakni Piala Dunia yang selalu ditonton oleh jutaan penonton di seluruh dunia. Turnamen tersebut juga disebut-sebut sebagai acara yang paling banyak ditonton di muka bumi. Namun tahukah Anda sejarah berdirinya FIFA? Berikut kami jabarkan.

FIFA pertama kali dibentuk di Prancis pada 21 Mei 1904. Bertempat di belakang Gedung Asosiasi Atletik Prancis, perwakilan dari beberapa negara Eropa hadir untuk membentuk FIFA. Perwakilan yang hadir pada kala itu adalah perwakilan Prancis (Robert Guerin), Spanyol dalam hal ini Real Madrid (Andre Espir), Belgia (Louis Muehlinghaus dan Max Kahn), Swiss (Victor E Schneider), Belanda, dan Swedia.

Awalnya, beberapa perwakilan negara Eropa tersebut mengajak Federasi Sepakbola Inggris (FA) untuk bergabung dengan FIFA. Namun tawaran tersebut ditolak oleh pihak FA tanpa alasan yang jelas. Di saat yang bersamaan pihak FIFA juga sudah mencoba untuk mendapatkan dukungan dari beberapa federasi sepakbola di seluruh dunia.

Dalam pertemuan tersebut dibuat juga statuta FIFA pertama yang berisi mengenai kehadiran dan peran setiap negara anggota, para pemain sepakbola tidak boleh membela dua negara dan klub di saat bersamaan, pengakuan sanksi pemain oleh federasi negara lain, dan memainkan pertandingan sesuai dengan peraturan yang sudah ditentukan.

Menurut situs resmi FIFA, statuta tersebut baru mulai diberlakukan pada 1 September 1904. Di saat yang bersama pihak Federasi Sepakbola Jerman mengatakan bahwa mereka setuju dan akan mematuhi statuta yang sudah dibuat.

(yoh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini