nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ballon d`Or, Penghargaan yang Dipolitisasi

Putri Utami, Jurnalis · Jum'at 23 Januari 2015 18:48 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 01 23 51 1096352 ballon-d-or-penghargaan-yang-dipolitisasi-xcRDbkJFFN.jpg Ballon d`Or, Penghargaan yang Dipolitisasi (Foto: Goal.com)

MUNICH – Striker Bayern Munich, Frank Ribery mengungkapkan jika penghargaan tahunan Ballon d`Or terlalu banyak unsur politisasi. Menurutnya, tidak mungkin ada pemenang lain jika masih ada Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Selama tujuh tahun penghargaan yang dilakukan dengan cara pemungutan suara, dua megabintang dunia itu selalu mendominasi penghargaan. Ribery juga sempat menjadi nominator dalam Ballon d`Or 2013, tapi baginya hal itu hanya untuk permainan.

"Selama Ronaldo dan Messi ada dalam nominasi, nominator ketiga harus sadar jika dia tidak mendapat kesempatan. Hal ini menjadi cerita yang sama setiap tahunnya. Saya tidak tahu apa yang harus Anda lakukan untuk meraih trofi ini. Lantaran meraih gelar juara Piala Dunia juga belum cukup,” tutur Ribery seperti dilansir Goal, Jumat (23/1/2015).

Salah satu kandidat tahun ini Manuel Neuer, menurutnya pantas meraih penghargaan karena sudah meraih trofi bersama klub dan juga mengantarkan Timnas Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014, serta meraih Golden Gloves di pesta akbar sepakbola empat tahunan itu. Namun kehadiran dua megabintang itu tetap menutupi kilauan kiper nomor satu Der Panzer.

"Manuel Neuer adalah kiper terbaik di dunia dalam dua atau tiga tahun terakhir. Dia merah trofi bersama Bayern, menjadi juara Piala Dunia pada 2014 dan menjadi kiper terbaik di Brasil. Semua hal itu tidak cukup dan saya juga tidak mengerti apa alasannya,” jelasnya.

"Saat pemain Bayern dinominasikan, kami harus berdiskusi apakah hal ini berharga atau tidak. Apa poinnya? Hanya untuk memajang wajah Anda dalam pemilihan? Bagi saya penghargaan ini hanya politik," tegasnya.

(FAP)

BERITA FOTO
+ 6

CR7 Pamer Trofi Ballon dOr di Stadion Bernabeu

Striker Real Madrid Cristiano Ronaldo memamerkan trofi Ballon dOr di depan 85.000 Madridista, sesaat sebelum digelar laga Real Madrid kontra Granada di Santiago Bernabeu, Sabtu (25/1/2014).

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini