nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

VIDEO: Lima Pembelian Terbaik Ferguson

Hendra Mujiraharja, Jurnalis · Kamis 10 Januari 2013 14:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2013 01 10 45 744136 NUK59hR7Zi.jpg Sir Alex Ferguson. (Foto: Reuters)

MANCHESTER UNITED selalu aktif dalam pembelian pemain di bursa transfer. Bukan tidak mungkin, pemain yang dibidik Sir Alex Ferguson dapat menjadi andalan Setan Merah di berbagai kompetisi yang diikuti. Berikut lima pemain pembelian terbaik yang pernah dilakukan Ferguson.

1.Eric Cantona

Pemain dengan nama lengkap Eric Daniel Pierre Cantona ini dibeli oleh Ferguson dari Leeds United, pada 26 November 1992. Saat itu, Cantona dibeli dengan harga yang sangat murah 1.2 juta pounds. Tapi, kehadiran pemain asal Prancis itu langsung memberikan dampak besar terhadap United.

Cantona membela United sebanyak 143 kali dan menyumbang 64 gol. Terbukti, pria yang kini berusia 46 tahun itu mampu membimbing pemain muda United untuk meraih empat gelar Premier League, dua FA Cup dan tiga Charrity Shield atau sekarang berubah nama menjadi Community Shield. Diapun dijuluki The King oleh fans United.

2.Roy Keane

Pemain terbaik yang pernah dibeli United berikutnya adalah pemain bernama Roy Maurice Keane. Pembelian pria asal Irlandia itu memang cukup kontroversial. Awalnya, Blackburn Rovers memang digadang-gadang akan mendapatkan servisnya. Tapi, pendekatan pribadi Ferguson terhadap Keane mengubah pendiriannya.

Ferguson berhasil membujuk Keane untuk menolak tawaran Blackburn, sehari sebelum penandatanganan kontrak. Keane telah tampil sebanyak 326 kali membela United dan menghasilkan 33 gol. Sejumlah prestasi yang diraih Keane adalah tujuh gelar Premier League, empat FA Cup, empat FA Community Shield, 1 Liga Champions dan 1 Piala Dunia Antarklub.

3. Cristiano Ronaldo

Kejelian Ferguson dalam melihat bakat pada pemain muda terlihat ketika membeli Cristiano Ronaldo. Pemain yang lahir dengan nama lengkap Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro itu memang bukan siapa-siapa ketika pertama kali dibeli Ferguson dari Sporting Lisbon.

Setelah sempat gagal bersinar pada dua musim pertama bersama United, winger asal Portugal mulai unjuk gigi di musim ketiga. Hasil lima musim Ronaldo bersama Setan Merah adalah 3 Premier League, 1 FA Cup, 2 Piala Liga, 1 Community Shield, Liga Champions dan Piala Dunia Antarklub.

CR7 juga pernah meraih penghargaan Ballon d’Or bersama United. Praktis dengan berbagai prestasi yang diraihnya, CR7 memutuskan untuk meninggalkan Old Trafford musim 2009/2010 untuk merumput bersama Real Madrid dengan harga 80 juta pounds.

4. Wayne Rooney

Setelah membeli Ronaldo, musim 2004, Ferguson memutuskan untuk kembali mendatangkan seorang pemain muda. Pelatih asal Skotlandia itu mendatangkan penyerang muda berama Wayne Mark Rooney, yang dibeli dengan harga 25.6 juta pounds.

Ferguson mulai mencium bakat Rooney, ketika pemain asal Inggris ini berhasil mencetak gol ke gawang Arsenal pada debutnya di Premier League. Saat itu, Rooney memang digadang-gadang akan menjadi pemain besar di Inggris. Musim 2004-05, Rooney didatangkan ke Old Trafford.

Berbagai gelar berhasil diraih Wazza (julukannya) bersama United. Wazza mempersembahkan empat gelar Premier League, dua Piala Liga, 3 Community Shield, 1 Liga Champions dan 1 Piala Dunia AntarKlub.

5. Robin van Persie

Pemain terbaik yang pernah dibeli Ferguson terakhir adalah Robin van Persie. Ferguson menggaetnya dari Arsenal dengan harga sebesar 22, 2 juta pounds. Kehadiran penyerang asal Belanda itu langsung terasa ketika membela United pada musim pertama.

Tak jarang, beberapa gol mantan kapten Arsenal itu berhasil menyelamatkan Setan Merah dari kekalahan. Sejauh ini, Van Persie sudah menghasilkan 20 gol untuk United dari 26 pertandingan di semua kompetisi.

(hmr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini