nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Chicharito Inspirator Kemenangan United

Auzan Julikar Sutedjo, Jurnalis · Minggu 11 November 2012 02:42 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2012 11 11 45 716722 LJBm6TN0eU.jpg Ekspresi Chicharito saat mencetak gol keduanya ke gawang Aston Villa/Reuters

BIRMINGHAM – Dua gol dari super sub Javier ‘Chicharito’ Hernandez membuat Manchester United sukses membalikkan ketinggalan 0-2 jadi kemenangan 3-2 atas tuan rumah Aston Villa.

Performa brilian Chicharito ini menjaga julukan comeback king milik Setan Merah. Dengan kemenangan atas Villa ini, sudah delapan kali di semua ajang atau kelima kali di Premier League United menang setelah ketinggalan.

Bertanding di hadapan 40 ribu penonton di Villa Park, United mengusung Robin van Persie, Wayne Rooney, Antonio Valencia, dan Ashley Young sebagai starter dan menguasai bola hingga 66 persen, tetapi mereka kesulitan membongkar lini belakang tuan rumah yang dikomandani sang kapten Ron Vlaar.

Hampir sembilan pemain outfield Villa selalu berkerumun di daerah pertahanan sendiri. Mereka hanya menyisakan Christian Benteke sendirian di depan.

Strategi defensif dari Paul Lambert ini berjalan sukses. Valencia, Young, Rafael, serta Evra kesulitan menemukan ruang untuk berakselerasi dan Paul Scholes kesulitan mengirim umpan-umpan akuratnya.

Akibatnya, Rooney dipaksa melepaskan tembakan-tembakan jarak jauh yang tidak efektif. Total, di 45 menit pertama ini United membuat enam tendangan di mana empat diantaranya tepat mengenai sasaran.

Keasyikan menyerang menyisakan lubang di pertahanan Setan Merah. Christian Benteke secara brilian mampu melepaskan diri dari penjagaan Chris Smalling di sisi kanan pertahanan United sebelum mengirim umpan mendatar yang langsung ditendang Weimann.

David De Gea tak kuasa menahan derasnya laju bola. Gol! Villa pun unggul 1-0 di injury time babak pertama tepatnya menit ke-45+1.

Di babak kedua, Sir Alex Ferguson memasukkan Javier ‘Chicharito’ Hernandez menggantikan Young. United pun bermain dengan tiga striker.

Gol kedua dalam pertandingan ini justru kembali datang dari kubu tuan rumah. Weimann lagi-lagi jadi pencetak gol bagi Villa.

Gelandang berusia 21 tahun asal Austria ini membuat gol lewat sontekannya dari jarak enam meter memanfaatkan umpan silang mendatar Gabriel Agbonlahor pada menit ke-50. Villa semakin jauh meninggalkan United 2-0.

Namun, United membuktikan kenapa mereka pantas dijuluki sebagai comeback king. Sudah tujuh kali mereka menang dari posisi tertinggal musim ini.

Adalah Chicharito yang membawa United memperkecil kedudukan pada menit ke-58 lewat sepakan pelannya dari jarak dekat. Skor pun berubah jadi 1-2.

Hanya lima menit berselang Chicharito kembali berperan dalam proses gol United setelah tendangan volinya memanfaatkan umpan silang Rafael membentur Vlaar hingga masuk ke gawangnya sendiri. United menyamakan kedudukan jadi 2-2.

Pertandingan berjalan kian seru. Dua kali usaha Van Persie menerpa mistar gawang. Weimann pun nyaris mencatat hattrick andai sundulannya tidak tepat mengarah ke De Gea.

Chicharito benar-benar menjadi bintang malam itu setelah mencetak gol keduanya di menit ke-87 melalui sebuah diving header yang akhirnya membawa United berbalik unggul 3-2. Ini menjadi gol ketujuh Chicharito dalam enam laga terakhir

Kegemilangan Chicharito sebagai super sub membuat United menjauh dari kejaran Chelsea di puncak klasemen. United kini mengoleksi 27 poin, unggul tiga angka dari The Blues.

Susunan pemain:

Aston Villa (4-4-2): 22-Guzan; 34-Lowton, 4-Vlaar, 6-Clark, 29-Stevens; 26-Weimann (14-Holman 80'), 15-Westwood, 7-Ireland (8-El Ahmadi 79'), 25-Bannan (16-Delph 87'); 20-Benteke, 11-Agbonlahor.

Manchester United (4-2-3-1): 1-De Gea; 2-Rafael, 12-Smalling, 5-Ferdinand, 3-Evra; 16-Carrick, 18-Scholes (23-Cleverley 72’); 7-Valencia, 10-Rooney (8-Anderson 79'), 18-Young (Hernandez 46’); 20-Van Persie.

(auz)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini